x.batampos.co.id – Delapan tim memastikan tempatnya untuk berlaga di babak semifinal 3rd Anniversary SSB Citramas U-10 dan U-12, yang digelar di Stadion Gelora Citramas Sabtu (20/10) hingga Minggu (21/10). Empat tim dari U-10 adalah juara dan runner up Grup A Blue Eagle dan Citramas Yellow. Sementara dari Grup B Juara dan runner up diraih oleh Progress Plus FA dan Bermuda. Di babak semifinal, akan berhadapan Blue Eagle melawan Bermuda, sementara Progress Plus akan menghadapi perlawanan Citramas Yellow.

Sedang di babak semifinal U-12, akan berhadapan Bermuda melawan Progress Plus, sementara Citrama Blue akan menghadapi Karimun Junior. Sedang Fauzil Adam dari Progress Plus menjadi topskor sementara untuk U-10 dengan raihan tujuh gol. Sedang dibawahnya membayangi M Rain Risky dari Bermuda dan Bilqi dari Tunas Bahari Karimun dengan enam gol.

Sedang di kelompok U-12, Ahmad dari Karimun Junior memuncaki daftar topskor sementara dengan raihan delapan gol. Dibawahnya ada Faka dari Citramas Blue dengan raihan enam gol.

Ketua panitia Zulbaili mengatakan jika ini adalah event yang digelar untuk ketiga kalinya. Untuk gelaran ketiga ini diikuti sebanyak 20 SSB dari dalam dan luar Batam.

“18 tim berasal dari Batam, sementara dua tim dari Kabupaten Karimun. Turnamen ini memperebutkan total hadiah Rp 27 juta, ditambah dengan trofi dan piagam,” jelas Zulbaili, Sabtu (20/10).

Ia juga menerangkan jika sejatinya totol hadiah yang diperebutkan sebesar Rp 21 juta. “Saat membuka gelaran, Gubernur Kepri Nurdin Basirun menambahkan hadiah pemenang untuk dua kategori, masing-masing Rp 1 juta. Jadi gubernur memberikan tambahan hadiah sebesar Rp 6 juta,” paparnya.

“Selain itu, untuk topskor dan pemain terbaik akan mendapatkan penghargaan tersendiri,” tambah Zulbaili.

Zulbaili menegaskan saat ini SSB Citramas adalah SSB yang perkembangannya terbilang pesat. Dalam tiga tahun pendiriannya, binaan SSB Citrama kini mencapai 80 anak.

“Di tahun pertama hanya memiliki 30 siswa, di tahun kedua menjadi 40 siswa. menginjak tahun ketiga, memiliki 80 siswa. Dan tahun dapan, SSB Citramas memiliki target untuk bisa memiliki 120 siswa,” ungkap Zulbaili.

Zulbaili juga mengucapkan terima kasihnya pada para sponsor yang telah memembantu dalam terselenggarannya turnamen ini. “Terima kasih pada sponsor seperti Citra Turbindo, You C1000, Nongsapura, Turi Beach, Nongsa Point, Citra Logistik, Citra EPC, Austin, Kawasan INdustri Terpadu Kabil, Arigato, Wall’s, dan Tamarin golf and footgolf club,” urai Zulbaili.

“Selain itu juga terima kasih pada seluruh pengurus yang telah mempersiapkan gelaran ini selama tiga bulan terakhir,” ucapnya.

Sementara itu, Keyua Yayasan Citramas Danche Wong Karen mengatakan SSB Citramas adalah bentuk kepedulian Yayasan Citramas pada masyarakat khususnya di bidang olahraga. “Berawal dengan dibangunnya Stadion Gelora Citramas, pembina dan pendiri Yayasan Citramas Kris Wiluan meminta agar dibentuk sekolah sepakbola,” tegasnya.

foto: x.batampos.co.id / riyan

Danche juga menjelaskan jika Yayasan Citramas memberikan support dan bantuannya demi pengembangan dan pembinaan masyarakat. Yayasan Citramas juga membina tidak hanya di bidang sepakbola.

“Sejak tahun 2000, yayasan Citramas telah membina dan memberikan pelatihan pada cabor layar. Dan mulai tahun 2004, atlet layar telah memberikan prestasi tak hanya di tingkat nasional bahkan di tingkat internasional,” ulasnya.

Danche berharap SSB Citramas mampu meniru prestasi yang telah diraih oleh cabor layar. “Keberhasilan pembinaan cabor layar, sudah sewajibnya menjadi contoh bagi para atlet sepakbola untuk bisa meraih prestasi yang sama,” ungkap Danche.

Sedang Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat membuka turnamen merasa takjub dengan support yang diperlihatkan oleh orang tua siswa SSB. Nurdinberharap di masa mendatang SSB Citramas bisa menciptakan pemain profesional.

“Di masa mendatang SSB Citramas harus bisa melahirkan pemain-pemain sepakbola profesional yang akan membawa nama Batam dan Kepri di tingkat nasional dan internasional,” harap Nurdin.

Pembinaan sepakbola di Kepri menurut Nurdin tengah menunjukkan peningkatan yang signifikan. Ini terlihat dari beragam turnamen sepakbola yang dibukanya di pulau-pulau. “Ini menunjukkan pembinaan sepakbola di Kepri mulai bangkit,” tegas Nurdin.

Ia juga menegaskan perlunya bapak angkat dalam pembinaan sepakbola di Kepri. “Pesepakbola muda Kepri butuh pembinaan untuk bisa meningkatkan prestasi. Dan juga perlu adanya bapak angkat demi pembinaan sepakbola di Kepri,” pintanya.

Nurdin juga melihat jika melalui sepakbola, Kepri akan semakin dikenal dan bisa meningkatkan pendapatan di sektor wisata. Selain itu, keberadaan olahraga bisa memupus pengaruh negatif yang menjadi permasalahan generasi muda saat ini.

“Kita harus mendorong bakat olahraga anak-anak kita. Karena olahraga bisa menjadi jawaban permasalahan sosial yang saat ini kita hadapi. Semoga sepakbola di Kepri semakin berkembang dan semakin berjaya. Selamat bertanding dan buktikan kemampuanmu,” pinta Nurdin.

Untuk diketahui, babak semifinal akan di mulai Minggu (21/10) mulai pukul 08.30 WIB. Sementara perebutan tempat ketiga dan keempat akan dilaksanakan mulai pukul 11.00 WIB.

“Babak final akan dilangsungkan pukul 13.30 WIB. Dan akan dilanjutkan dengan seremonial penutupan turnamen 3rd Anniversary SSB Citramas U-10 dan U-12,” tutup Zulbaili.(yan)