Kamis, 28 Maret 2024

Guru Honorer Senang Naik Gaji

Berita Terkait

Ilustrasi Guru SDN 019 Perumahan Villa Mukakuning. F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Tenaga honorer yang berprofesi sebgai guru menyambut gembira rencana kenaikan gaji mereka tahun 2019 mendatang. Saat ini tenaga honorer guru menerima Rp 2,575.000 per bulan dari Pemerintah Kota Batam.

“Alhamdulillah kalau memang benar mau naik gaji,” kata salah seorang guru honorer Wanda Nurhayati, Sabtu (20/10).

Perempuan yang sudah menjadi tenaga guru sejak 2016 lalu ini menuturkan cukup kaget dengan informasi yang menyebutkan gaji yang diterima Rp 2,7 juta per bulannya.

“Iya ramai juga kawan-kawan yang ngasih kabar. Soalnya kami hanya terima Rp 2,5 saja,” sebutnya.

Mengenai hal tersebut dia mempertanyakan berapa besaran hak yang sebenarnya diterima dia dan ribuan tenaga guru honor lainnya. Apakah ada perbedaan gaji setiap honorer yang bekerja di bawah Pemerintah Kota Batam.

“Guru kan berat juga tugasnya. Tidak sekedar mengajar melainkan mendidik. Jadi kalau memang ada kenaikkan gaji tentu kami menyambut dengan senang hari,” ujar ibu anak satu ini.

Perempuan lulusan Universitas UNRIKA ini mengakui belum pernah menerima gaji sebesar Rp 2,7 juta selama bekerja. Jika nantinya benar-benar naik menjadi Rp 2,9 juta dia bersama tujuh orang guru honorer lain di sekolah menyambut baik rencana ini,” bebernya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam, Hendri Arulan mengatakan besaran gaji yang diterima guru setiap bulannya Rp 2,575 ribu. Pengusulan kenaikan memang dinilai sangat penting dan diharapkan bisa direalisasikan.

“Untuk besarannya masih dibahas, kalau sudah diketok baru bisa bicara,” sebutnya.

Hendri mengakui terkait nilai yang diterima guru honorer sangat sensitif. Jika nanti berbeda dengan yang telah beredar tentu ditakutkan mereka kecewa. “Intinya kami tengah berusaha agar gaji mereka bisa lebih baik dari tahun ini. Sebab beban kerja seorang guru juga berat jadi sudah sewajarnya diperjuangkan,” ungkapnya.

Hendri mengakui tidak mengetahui dari mana muncul angka Rp 2,7 tersebut. Karena berdasarkan data yang ada di Disdik setiap bulan honorer menerima Rp 2,575 ribu.

“Ya mudah-mudahan disetujui, jadi mereka bisa naik gaji,” imbuhnya.(yui)

Update