Rabu, 24 April 2024

Warga Daftarkan Diri Sebagai Pemilih

Berita Terkait

batampos.co.id – Puluhan warga berama- ramai mendatangi posko Pantarlih di Kantor Kelurahan Tibanindah, Sekupang, Sabtu (20/10) guna mendaftar diri sebagai pemilih di Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Masrizal, 23, mengungkapkan belum terdaftar sebagai pemilih tahun depan. Pria yang sudah enam bulan berada di Batam ini mendatangi kantor kelurahan dengan membawa e-KTP dan KK miliknya.

“Kemarin sudah pernah di Batam. Ini baru tiba lagi. Kakak saya sudah terdaftar, makanya saya lapor karena belum terdaftar biar bisa milih,” sebutnya usai melapor di Kantor Lurah Tibanindah, Sabtu (20/10).

Pria asal Sumatera Barat ini mengaku pertama kalinya menggunakan hak pilih dengan menggunakan e-KTP Batam. Ia berharap setelah melapor dia bisa terdaftar sebagai pemilih nantinya.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam, Sudarmad mengatakan masih ada waktu kurang lebih satu minggu untuk menyelesaikan pencermatan data pemilih.

“Deadline sampai tanggal 28 Oktober ini. Laporan yang masuk sudah ada ribuan yang mendaftarkan diri di posko yang dibuka KPU,” ujarnya.

Gerakan Memenuhi Hak Pilih (GMHP) ini sudah dimulai selama beberapa minggu lalu dibuka di 64 kelurahan. Warga yang belum terdaftar bisa datang ke posko tersebut. “Sekarang Pantarlih sudah mulai menghitung dan merapikan data pemilih di masing-masing posko. Sebab sebelum di plenokan di KPU tahapan akan di mulai dari kelurahan dan kecamatan terlebih dahulu,” beber Sudarmadi.

Masuknya ribuan pendaftar baru ini tentunya akan mempengaruhi jumlah pemilih di Batam. Melalui gerakan ini KPU berusaha meningkatkan tingkat partisipasi pemilih di 2019 mendatang.

Saat ini jumlah DPT Batam mencapai 629 ribu jiwa. KPU daerah diberikan waktu hingga 28 Oktober untuk mencermati kembali DPT dan kemungkinan adanya data ganda dan pemilih yang belum terdaftar.

“Alhamdulilah data ganda juga terus kami benahi. DPT ini sudah sejak April lalu dimulai tapi belum kelar juga. Karena banyak yang pindah dan lain hal jadi kesulitannya banyak untuk mendapatkan DPT yang sesungguhnya,” ungkap Sudarmadi.(yui)

Update