Jumat, 29 Maret 2024

Parkir Bisa Gratis, dengan Syarat …

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Parkir Dinas Perhubungan Kota Batam, Alexander Banik mengatakan bagi pengusaha yang ingin memberikan fasilitas gratis parkir di tempat usahanya bisa menyampaikan pada Dishub Batam. Peraturan Daerah (Perda) No 3 Tahun 2018 tentang parkir, juga mengatur fasilitas gratis parkir ini.

“Dalam perda namanya wajib retribusi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan usahanya berkembang. Bagi pengusaha yang ingin memanfaatkan fasilitas ini,” katanya, Minggu (21/10).

Guna menetapkan besaran retribusi yang harus dibayar pengusaha disesuaikan dengan keramaian di lokasi tersebut. Akan ada tim dari khusus yang akan mensurvey titik parkir. Setelah ini disepakati seluruh pelanggan yang parkir di dibebaskan biaya parkir. Beberapa titik menggunakan fasilitas ini seperti Botania, Pasar Mega Legenda, dan Fanindo.

“Biasanya kalau sudah bebas parkir itu, harus ada tulisan diatasnya bebas parkir. Sehingga tak ada lagi Juru Parkir (Jukir) disana,” tuturnya.

Alex menegaskan jika masih ada Jukir yang tetap menagih biaya parkir, pelanggan bisa melaporkan langsung ke Dishub. Pihaknya akan segera menindaklanjuti Jukir yang melakukan pemungutan tersebut. “Namun yang jelas tidak melewati batas area usaha bisnis tersebut. Karena kalau sudah melewati fasilitas ini tetap dikenakan retribusi,” jelasnya.

Pedagang sembako di Pasar Fanindo Batuaji, Ahong sangat merasakan manfaat fasilitas ini. Menurutnya, bila masih dijaga petugas parkir, masyarakat yang datang ke tokonya menjadi sepi. Masyarakat enggan datang karena kutipan-kutipan retribusi.

“Berpengaruh. Makanya kita minta fasilitas ini, supaya masyarakat banyak datang,” kata Ahong.

Hal senada juga disampaikan pedagang buah di pasar tersebut. Hampir setiap hari pasar tidak pernah sepi pengunjung. Fasilitas gratis parkir ini dirasakan manfaat sekali, meskipun mereka harus mengeluarkan uang lebih untuk membayar ke dishub.

“Namanya jualan kita harus beri pelayanan dan fasilitas kepada pelanggan,” kata Toto, pedagang buah.

Update