Kamis, 25 April 2024

Perum Damri Komit Tingkatkan Layanan Bus Trans Batam

Berita Terkait

Bus Trans Batam parkir di Pool Damri di Tanjunguncang, Batuaji
Foto. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Perum Damri selaku operator bus Trans Batam koridor satu, dua dan tiga bertekad terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sebanyak 26 unit bus Trans Batam diyakini sudah cukup maksimal melayani kebutuhan masyarakat di tiga koridor tersebut.

“Sejauh ini sudah sangat bagus. Minat masyarakat juga sangat baik. Masyarakat mulai sadar bahwa layanan transportasi yang aman dan nyaman adalah Trans Batam,” ujar Staff operasional Perum Damri Batam, Surung Togi Pakpahan, akhir pekan kemarin.

Koridor satu, dua dan tiga yang dilayani perum Damri merupakan koridor utama yakni Sekupang-Batamcenter (koridor satu), Batuaji-Batamcenter (koridor dua) dan Sekupang-Jodoh (koridor tiga), sehingga pelayanan betul-betul harus maksimal.

“Karena tiga koridor ini jalur utama untuk wilayah-wilayah padat penduduk,” kata Surung.

Layanan bus Trans Batam diakui Surung sangat nyaman sebab dikendalikan operator-opetor yang handal dan profesioanal sehingga tidak membahayakan penumpang ataupun pengandara lain. Tidak itu saja dari sisi tarif, layanan Trans Batam relatif lebih murah karena disubsidi pemerintah. Untuk dewasa peroang Rp 4.000 (dalam kota) dan pelajar atau mahasiswa hanya Rop 2.000 perorang.

“Bayarnya pakai e Ticketing (tiket elektronik berupa karti Brizzi),” ujar Surung.

Layanan tiket elektronik yang sudah diberlakukan sejak pertengahan tahun lalu. Layanan ini tetap diterapkan sekalipun masih banyak pengguna Trans Batam yang belum memilikinya. Petugas yang bersiaga di halte siasati itu dengan menggunakan kartu brizzi (kartu untuk e-ticketing) miliknya kepada penumpang yang belum memiliki kartu e-ticketing.

“Nanti penumpangnya yang bayar uang tunai sesuai tarif ke petugas itu. Jadi hitungan pembayaran tetap sesuai dengan e-ticketing,” kata Surung.

Dengan menerapkan sistem seperti itu operator memastikan bahwa semua pengguna bus Trans Batam terakomodir dengan baik.

“Tidak ada yang kita tolak karena tak ada brizzi,” kata Surung.

Komit pihak operator Trans Batam ini disambut baik masyarakat pengguna jasa Trans Batam. Masyarakat menilai layanan Trans Batam sudah sangat bagus sehingga bisa diandalkan sebagai saranan transportasi massal yang murah dan nyaman.

“Sudah bagus pelayananya, cuman satu yang masih kurang yakni halte. Halte belum merata. Dalam arti masih ada titik keramaian yang jauh dari halte sehingga penumpang harus berjalan cukup jauh mencari halte,” ujar Nesya Puteri, pengguna Trans Batam di Batuaji. (eja)

Update