Jumat, 19 April 2024

Sukajadi Aquatic SC Raih Juara Umum

Berita Terkait

Ketua Umum PRSI Kota Batam M Al Ichsan foto bersama atlet dan pengurus Sukajadi Aquatic Swimming Club usai dinobatkan sebagai juara umum dalam Kejurkot Renang Kelompok Umur (KU) 2018 yang digelar di kolam renang Parikesit Tirta Yudha, Yonif Raiders 136 Tuah Sakti, Batam, Minggu (21/10/2018). F. Ryan Agung/Batam Pos

x.batampos.co.id – Sukajadi Aquatic Swimming Club berhasil meraih gelar juara umum dalam kejuaraan kota (kejurkot) Kelompok Umur (KU) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Batam 2018 yang digelar di kolam renang Parikesit Tirta Yudha, Yonif Raiders 136 Tuah Sakti, Batam, Jumat (19/10) hingga Minggu (21/10). Dalam kejurkot ini Sukajadi Aquatic SC berhasil meraih 33 emas, 24 perak dan 16 perunggu.

Sementara itu peringkat kedua diraih oleh Shangrila Swimming Club dengan raihan 19 emas, 18 perak dan 14 perunggu. Peringkat ketiga ditempati oleh Nusantara Swimming Club dengan raihan enam emas, tujuh perak dan tujuh perunggu.

Ketua Umum PRSI Kota Batam M Al Ichsan mengatakan rasa bangganya atas terselenggaranya kejuaraan ini. Tak lupa Ichsan menyampaikan terima kasihnya pada pihak-pihak yang membantu terselenggaranya kejuaraan ini.

“Terima kasih pada Yonif Raider 136 Tuah Sakti, Pemko Batam, KONI Batam, pengurus PRSI, dan klub renang yang begitu tulus membantu penyelenggaraan kejuaraan. Juga pada orang tua atlet yang begitu concern dalam membantu meningkatkan prestasi atlet renang,” tutur Ichsan, Minggu (21/10).

Ichsan berharap agar kejuaraan yang diselenggarakan oleh PRSI Kota Batam ini menjadi salah satu ajang untuk meningkatkan prestasi atlet renang Kota Batam. “Juga agar atlet renang muda potensial Kota Batam bisa muncul mengembangkan kemampuannya,” ujarnya.

Menurut Ichsan, kejuaraan bisa terselenggara dengan lancar atas kerjasama dan kekompakan dari pengurus PRSI, klub, dan orang tua. “Kekompakan dan ketulusan semua pihak yang terlibat dalam kejuaraan ini yang membuat kejuaraan ini bisa berjalan dengan lancar,” tegas Ichsan.

Ichsan juga menerangkan jika kejurkot ini juga menjadi seleksi akhir atlet renang Kota Batam yang akan diberangkatkan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) akhir November mendatang. Beberapa kejuaraan menurutnya telah dilakukan guna mendapatkan atlet renang pilihan.

“Ini bukan satu-satunya seleksi yang digelar oleh PRSI Kota Batam dalam menghadapi Porprov. Kejurkot ini adalah seleksi akhir dalam menentukan atlet pilihan,” ucapnya.

Tak lupa Ichsan mengucapkan selamat pada tim Sukajadi Aquatic SC yang telah berhasil merebut gelar juara umum dalam kejurkot ini. “Selamat pada klub Sukajadi Aquatic SC yang meraih gelar juara umum. jangan cepat puas, terus tingkatkan prestasi,” harap Ichsan.

“Sedang untuk tim yang belum berhasil meraih gelar juara umum, terus berlatih, terus menempa diri, tingkatkan kemampuan menyongsong kejuaraan mendatang,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Sukajadi Aquatic SC Agus Waluyo mengaku kejuaraan yang diselenggarakan oleh PRSI Kota Batam berjalan dengan lancar dan sukses. Keberhasilan yang diraih oleh atlet renang binaannya membawa kebanggan tersendiri.

“Sukajadi Aquatic SC mempersiapkan diri selama dua bulan menyongsong kejuaraan ini. Sebenarnya kami berlatih secara rutin setiap harinya. Hanya saja latihan untuk menyongsong kejurkot kami intensifkan dua bulan terakhir,” tutur Agus Waluyo.

Agus mengaku atlet-atletnya tidak berlatih secara khusus dalam menghadapi kejurkot. “Karena dengan metode berlatih yang kami miliki memungkinkan kami untuk siap dalam menyongsong kejuaraan. Kapan pun waktunya,” tegas Agus.

Agus berharap agar kejuaraan yang digelar oleh PRSI di waktu mendatang bisa semakin ditingkatkan baik itu kualitas maupun profesionalismenya. “Ini demi keberhasilan dan peningkatan pembinaan renang di Kota Batam,” katanya.

Untuk diketahui, sebanyak 14 klub renang mengikuti kejurkot ini. Yaitu, 14 Klub yang bernaung di bawah PRSI Kota Batam itu adalah Sukajadi AAquatic Club, Nusantara Swimming Club, Shangrila SC, Sky SC, Sekolah EC-Mas SC, Sekolah GLobe SC, Tirta Barata SC, Studio Renang SC, Batam SC, HSC-KDA SC, Sekolah Yos Sudarso SC, Sniper SC, Mapan SC, dan Shimano SC.

Selain itu juga digelar pertandingan untuk kelompok umum Master/TNI-Polri/Satpol PP dan Satuan tugas pengamanan yang terdaftar dan tergabung dalam PRSI Kota Batam. Diantaranya terdapat batalyon Yonif Raider 136 Tuah Sakti, Marinir 10 Surabaya Kota Batam, Sat Brimob Polda Kepri, PT Lintas Aman Nusantara Security, dan Sniper SC.

Kejurkot renang ini diikuti sebanyak 215 atlet renang se-Kota Batam. Selain itu, kejuaraan ini terbagi menjadi 49 nomor kategori putra dan 41 nomor kategori putri, dengan total 90 nomor pertandingan.

Ichsan menambahkan jika kejuaraan ini juga dimaksudkan untuk membentuk tim renang Kota Batam. “Nantinya akan dibentuk tiga tim, yaitu Utama, tim A, dan tim B. Tim Utama akan didaftarkan untuk menjadi bagian klub renang Singapura,” jelasnya.

“Untuk berlatih dan try out dengan klub Singapura. Ini akan menjadi motivasi bagi atlet renang Kota Batam untuk semakin maju dan berkembang,” harap Ichsan.

Ichsan juga mengatakan selain atlet, PRSI juga akan melakukan pembinaan pelatih, wasit dan juri renang Kota Batam. “Agar atlet semakin bertambah prestasinya, maka komponen-komponen yang berkaitan juga harus di-upgrade,” urainya.

“Dengan demikian maka jika komponen-komponen yang berkaitan ini memiliki penambahan baik itu keilmuan dan kecakapan, secara otomatis akan berpengaruh pada peningkatan prestasi atlet renang Kota Batam,” urai Ichsan.(yan)

Update