Selasa, 19 Maret 2024

OCBC NISP Jemput Bola Sebarkan Kartu GPN

Berita Terkait

foto: x.batampos.co.id / cecep mulyana

x.batampos.co.id – Bank Indonesia (BI) mendorong nasabah bank agar segera beralih menggunakan kartu debit (ATM) berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Dimana, kartu yang resmi diluncurkan Mei lalu itu sebagai suatu sistem yang mengintegrasikan transaksi antar bank di dalam negeri, yang bermanfaat memudahkan para nasabah bertransaksi non tunai melalui mesin electronic data capture (EDC).

Sesuai program tersebut, Bank OCBC NISP Batam turut gencar menyebarkan Kartu GPN kepada nasabahnya. Salah satunya, dengan jemput bola ke PT Sijori Intrbintana Pers (Batam Pos) yang melakukan sistem penggajian (payroll) melalui Bank OCBC NISP. Kegiatan itu digelar dari Selasa (23/10) hingga Rabu (24/10).

“Jemput bola ini dilakukan mengingat nasabah dari Batam Pos terbilang banyak, sehingga akan lebih memudahkan penyebaran Kartu GPN-nya,” ujar Marketing Funding Bank OCBC NISP Batam, Selly, Selasa (23/10).

Proses penggantian kartu ATM lama ke ATM berlogo GPN tidak sulit. Selly menjelaskan, di meja CS, nasabah hanya perlu memverifikasi data serta menunggu kartu GPN dikeluarkan. “Tidak lebih dari 10 menit, kartu tersebut sudah didapatkan tanpa dikenakan biaya,” terangnya.

Lebih lanjut Selly mengatakan, kartu GPN menguntungkan nasabah saat bertransaksi melalui mesin EDC karena tidak dikenakan biaya tambahan jika menggesek di bank yang berbeda. “Jadi gesek GPN pakai mesin EDC bank apa saja, sudah tidak ada potongan biaya lagi alias gratis. Pembayaran hanya sesuai nominal transaksi saja,” papar Selly.

Di samping itu, Kartu GPN juga sudah terjamin keamanannya agar terhindar dari skimming karena sudah dilengkapi chip. GPN juga memiliki limit penarikan lebih besar dalam perhari yakni Rp 15 juta, yang sebelumnya hanya Rp 10 juta perhari. Sayangnya, kartu GPN berlogo Garuda ini hanya berlaku untuk transaksi di dalam negeri. “Untuk di luar negeri dapat menggunakan ATM berlogo MasterCard,” sebutnya.

Saat ini, OCBC NISP Batam telah menyebarkan lebih kurang 2.500 kartu GPN. Di samping menyebarkan kartu GPN di Batam Pos, di stand Bank OCBC NISP yang berada di lobi Gedung Graha Pena Batamcenter itu juga menerima pembukaan rekening baru, sekaligus mempromosikan program terbarunya, Happy 360. (nji)

Update