Kamis, 25 April 2024

33 Perusahaan Tertarik Jadi Pengelola Dam Tembesi

Berita Terkait

Waduk Tembesi saat diabadikan dari udara beberapa waktu lalu. ATB/Benny Andrianto

batampos.co.id – Dana investasi yang dibutuhkan untuk mengelola Dam Tembesi mencapai Rp 300 miliar. Dana besar tersebut harus disediakan bagi calon investor yang berminat mengikuti lelang pengelolaan Dam Tembesi, akhir tahun ini.

”Bagi yang tertarik, harus menyediakan dana investasi sebesar Rp 300 miliar,” kata Kepala Kantor Pengelolaan Air dan Limbah BP Batam Binsar Tambunan, Rabu (24/10).

Saat ini, BP Batam sudah melakukan market sounding rencana pelelangan Dam Tembesi. Hal itu men­dapat respons positif dari calon-calon investor.

”Dari penjajakan yang kita lakukan, ada 33 perusahaan yang menyatakan minat. 25 di antaranya sudah melakukan presentasi,” ungkapnya.

Dari 25 perusahaan tersebut, ada yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) baik dari dalam negeri maupun mancanegara, seperti dari Indonesia, Jepang, Filipina, Tiongkok, Singapura dan lainnya.

Dalam proses kerja sama nanti, BP Batam akan memberikan peluang pemanfaatan aset dengan pola business to business (B to B) sehingga BP tidak menggunakan anggaran pendapatan belanja negara (APBN).

”Untuk lelang nanti akan dilaksanakan pada November mendatang,” pungkasnya.(leo)

Update