Sabtu, 20 April 2024

Cari Jenazah Khashoggi di Sumur Konjen Saudi

Berita Terkait

x.batampos.co.id – Wajah Salah Khashoggi tampak tegang. Terlebih saat dia harus berjabat tangan dengan Pange-ran Muhammad bin Salman (MBS), pria yang diduga menjadi dalang di balik pembunuhan ayahnya, Jamal Khashoggi.

Selasa (23/10) lalu Salah dan saudaranya, Sahel, diminta datang ke Istana Yamama, Riyadh. Agar Raja Salman dan Putra Mahkota MBS bisa mengucapkan bela sungkawa secara langsung.

“Bayangkan rasa sakit dan ketakutan putra Jamal Khashoggi yang dipaksa untuk ambil bagian dalam penipuan ini demi melindungi pembunuh ayahnya,” tulis Trita Parsi, pendiri National Iranian American Council di akun Twitter-nya.

Saudi, agaknya, berupaya memperbaiki citra sang putra mahkota dengan menampilkan foto MBS dan Salah di media-media yang dekat dengan pemerintah. Tapi hal itu justru jadi bumerang. Terlebih mencuat kabar bahwa empat anak Khashoggi dilarang ke luar negeri.
MBS kemarin (24/10) dijadwalkan berpidato di acara Future Investment Initiative (FII). Itu akan menjadi pidato pertamanya di hadapan para petinggi dunia pasca terkuaknya kasus pembunuhan Khashoggi.

Berita kematian Khashoggi sudah muncul sejak 23 hari lalu. Tapi hingga kini jasadnya belum diketahui keberadaannya. Kemarin, penyidik Turki akhirnya diberi izin untuk memeriksa sumur di area taman kediaman konjen Saudi di Istanbul. Tapi, hingga berita ini selesai ditulis, belum diketahui hasil resminya.

Senin (22/10) lalu Chairman Partai Patriotik Turki Dogu Perincek menegaskan bahwa potongan tubuh Khashoggi dimasukkan di sumur tersebut. Jarak sumur itu dari konsulat tempat Khashoggi dihabisi hanya 500 meter.

Kantor berita Anadolu me-ngungkapkan bahwa awalnya otoritas Saudi menolak saat penyidik ingin memeriksa sumur tersebut. Tidak diketahui apa yang membuat mereka berubah pikiran. Sejak Khashoggi menghilang, penyidik Turki sudah beberapa kali menyisir area konsulat dan kediaman konjen di dekatnya.

Sebelum penyisiran itu, dua sumber Sky News mengungkap ada potongan tubuh Khashoggi di taman konjen Saudi. Sumber itu juga me-ngungkap bahwa setelah dimutilasi, wajah Khashoggi dirusak. Laporan tersebut langsung menuai reaksi dari banyak pihak. Juru bicara PM Inggris Theresa May menyebut lokasi penemuan tubuh Khashoggi itu sangat mengganggu dan patut dipertanyakan.

Sementara itu sikap Amerika Serikat (AS) juga berubah pasca pidato Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Selasa lalu. Erdogan dengan tegas menyatakan bahwa Khashoggi dibunuh dengan cara yang keji. (sha/ttg/JPG)

Update