Kamis, 28 Maret 2024

Disperindag Pemko Batam Susun Langkah Penertiban Pasar Induk

Berita Terkait

foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Kota Batam tengah menyusun langkah-langkah untuk penertiban pedagang di Pasar Induk Jodoh. Sebab, penggaran untuk bangunan baru gedung pasar Induk sedang dalam proses.

Kadis Perindag Kota Batam, Zarefriadi mengatakan penertiban pasar induk harus segera dilakukan. Sebab, rapat yang sudah sekian kali digelar tak juga menemukan hasil.

“Anggaran pembangunan sedang proses, karena itu penertiban harus segera dilakukan. Beberapa kali rapat, tetap tak ada hasil,” ujar Zaref.

Menurut dia, pemerintah sudah memberi alternatif terbaik bagi para pedagang. Permintaan pedagang pasar induk yang ingin difasilitasi lahan lain tak bisa dipenuhi. Sebab, pemerintah kota Batam tak memiliki lahan. Mereka juga tak punya anggaran untuk membantu.

“Karena tak ada lahan dan anggaran kami minta bantuan dari pihak ketiga. Sekarang kios sementara sudah selesai, tinggal pedagang pindah ke sana,” imbuh Zaref.

Dikatakanya, langkah-langkah untuk penertiban tengah disusun. Pihaknya berharap penertiban bisa segera dilakukan. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan tim terpadu.

“Kami masih menyusun langkah, yang pasti penertiban harus segera dilakukan. Kalau bisa secepatnya, karena memang tak ada jalan lain,” Zaref.

Sementara, Kabid Ketentraman dan Ketertiban Umum, Satpol PP Kota Batam, Imam Tohari tengah menunggu keputusan dari Disperindag kapan waktu penertiban. Namun ia sempat mendengar sudah ada koordinasi dengan seluruh tim terpadu mengenai penertiban.

“Tinggal info dari kepolisian saja, berapa personil yang dikirim untuk membantu penertiban,” ujar Imam.

Bahkan menurut dia, satu-satunya jalan untuk penertiban pedagang kaki lima di Jodoh yakni dengan relokasi di pasar induk. Namun sayang, sampai saat ini pasar induk tak juga dibangun, sehingga pedagang kaki lima yang berjualan di badan jalan di Tos 3000 belum bisa direlokasi. (she)

Update