Foto Dokumentasi Pixabay

x.batampos.co.id – Selain enak dimakan, pisang juga mengandung nutrisi yang berguna bagi tubuh. Tapi, tahukah Anda bahwa kulit pisang yang selama ini selalu Anda buang setelah mengonsumsi buahnya, ternyata juga memiliki banyak manfaat. Kulit pisang memang memiliki beragam kegunaan. Dilansir Reader’s Digest, berikut beberapa manfaat kulit pisang:

1. Bisa dimakan dan bernutrisi
Anda mungkin tidak pernah berpikir untuk mengonsumsi kulit pisang yang biasanya dibuang begitu saja. Namun bagi sebagian masyarakat Asia, kulit pisang yang memiliki serat yang cukup tinggi, juga bermanfaat karena mengandung banyak zat gizi penting.
“Kulit pisang mengandung vitamin B6 dan B12, serta magnesium dan kalium. Bagian ini juga mengandung beberapa serat dan protein,” kata ahli nutrisi, Laura Flores, kepada Live Science. Untuk mendapatkan manfaat kulit pisang, Anda bisa menggunakan yang berasal dari pisang matang. Sebelum dimakan, cuci kulitnya lalu didihkan selama sepuluh menit agar teksturnya lebih lembut.

2. Menjaga daging tetap empuk
Tidak mau makan kulit pisang? Tidak masalah. Anda bisa menggunakannya untuk hal lain. Faktanya, kulit pisang bisa membuat tekstur daging yang akan Anda masak menjadi lebih empuk. Untuk hal ini, Anda perlu menaruh kulit pisang ke dalam panci sebelum meletakkan daging di atasnya. Kulitnya akan membuat daging kering sehingga nantinya saat dimasak menjadi lembut.

3. Bisa mengilapkan sepatu
Kandungan potasium dan mineral pada pisang dan kulitnya ternyata juga sering dijadikan untuk bahan utama semir sepatu. Jadi, jika ingin tampilan sepatu yang lebih mengilap, Anda bisa menggunakan kulit pisang untuk menggosoknya.
Sebelum mulai menggosok sepatu, singkirkan terlebih dahulu benang-benang halus yang ada pada kulit pisang. Kemudian, gunakan bagian dalam untuk menggosok sepatu Anda. Setelah selesai, lap sepatu Anda dengan tisu. Hasilnya, Anda bisa mendapatkan sepatu baru yang bagus tanpa bahan kimia yang bau.

4. Tanaman lebih subur
Mengubur beberapa kulit pisang bersama dengan tumbuhan yang hendak Anda tanam akan memberi nutrisi tambahan pada tumbuhan tersebut. Di samping itu, kulit dari buah berwarna kuning ini juga bisa menjauhkan kebun Anda dari incaran kutu daun.

5. Menjaga kebersihan tanaman
Sama seperti perabot rumah, tanaman dalam ruangan juga bisa terpapar debu yang dapat mengganggu keindahannya. Nah, dengan menggunakan kulit pisang untuk mengelap daun tanaman tersebut, debu akan sepenuhnya terangkat. Alhasil, tanaman Anda akan terlihat lebih sehat dan segar.

6. Meringankan rasa sakit
Sebuah studi dalam Journal of Medical Association of Thailand menemukan bahwa ekstrak kulit pisang memiliki sifat antiinflamasi atau bisa meredakan nyeri. Banyak yang mengatakan, ketika Anda digigit serangga atau terkena sengatan matahari, kulit pisang dapat membantu meredakan gejala apabila digosokkan ke bagian yang nyeri. Jika ingin merasakan sendiri, pastikan Anda tidak langsung membuang kulit pisang ketika daging buahnya telah habis Anda makan.(NB/RVS/klikdokter/jpnn)