Kamis, 25 April 2024

Embung Pulau Laut Belum Difungsikan

Berita Terkait

x.batampos.co.id – Camat Pulau Laut, Sudirman mengatakan, masyarakat menanti difungsikannya embung yang sudah selesai dibangun pemerintah tahun ini. Masyarakat sangat menantikan kebutuhan air bersih. Selama ini masyarakat hanya mengandalkan air sumur dan air alami dari gunung tanpa pengolahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

”Masyarakat sangat menantikan, mendapat pelayanan air bersih yang lebih layak,” kata Sudirman, kemarin.

Dikatakan Sudirman, adanya air bersih di Pulau Laut sangat ditunggu. Apalagi Pulau Laut berada di perbatasan laut Vietnam, sehingga butuh stok air yang cukup. Termasuk suplai air untuk kapal yang singgah.

”Sejauh ini, kendala belum dimanfaatkan aliran embung adalah belum dibangunnya SPAM dan jaringan. Pemerintah berencana akan memba-ngunnya tahun 2019 mendatang.”

Dikatakan Sudirman, Pemerintah Kecamatan Pulau Laut memberikan dukungan penuh kepada pemerintah yang sudah membangun berbagai infrastruktur yang bisa dinikmati manfaatnya oleh masyarakat.

Kesempatan itu Sudirman mengatakan, untuk kebutuhan listrik, masyarakat Pulau Laut sudah bisa menikmati.

”Pulau kami (Pulau Laut, red) bebera-pa tahun lalu gelap, malamnya se-perti pulau kosong. Tapi sekarang listrik sudah terang benderang, memang belum menyala 24 jam. Tapi sangat merasakan manfaatnya pembangunan,” ungkapnya.

Di Pulau Laut mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai nelayan. Dari nelayan tangkap, nelayan budidaya dan petani. Sedikit masyarakat bekerja di pemerintahan. Potensi alam menjadi mata pencarian masyarakat memenuhi kebutuhan hidup.

”Bagusnya di Pulau Laut juga disinggahi kapal Tol Laut, jadi, masyarakat bisa jual komoditi perkebunan,” ujar Sudirman.(arn)

Update