Kamis, 25 April 2024

PLN Batam Berhasil Tak Padamkan Listrik meski Pasokan Gas Berkurang

Berita Terkait

foto: google map

batampos.co.id – Sabtu (27/10) dan Minggu (28/10), tempo hari, ada kemungkinan akan terjadi pemadaman listrik secara bergilir di Batam. Sebabnya, ada kegiatan pemeliharaan (maintenance) sedang dilakukan PT Conoco Philips Grissik Line (CPGL), sebagai pemasok gas terbesar di Indonesia. Pemeliharaan di beberapa sumur yang ada di wilayah kerja Sumatra Selatan itu berakibat sumur tidak bisa melakukan proses produksi.

Manajer Humas Bright PLN Batam, Bekti Panggabean, saat itu, mengatakan,  “Karena pasokan gas menurun, maka jatah untuk PLN pun berkurang. Jadi kemungkinan terburuknya, akan terjadi pemadaman bergilir yakni di pukul 10.00 WIB dan/atau 22.00 WIB.”

Konsumsi gas PLN Batam yang setiap harinya 27 BBTUD akibat adanya pemeliharaan ini mengakibatkan berkurangnya pasokan gas ke PT PLN Batam menjadi kurang lebih 23 BBTUD, hal ini juga yang menyebabkan berkurangnya daya mampu pembangkit PLN Batam.

Rupanya, pemadaman tidak terjadi. Sabtu dan Minggu pelanggan PLN Batam bisa menikmati aliran listrik.

Kok bisa. Apa yang terjadi?

“Yang kami lakukan adalah mengoptimalkan pembangkit yang ada, juga didukung oleh cuaca yang mendung,” ujar Bukti saat dihubungi Senin (29/10/2018).

PLN Batam mengoptimalkan pembangkit non gas. Adapun pembangkit gas tetap beroperasi dengan ketentuan kuota yangg dtetapkan oleh PGN.

Pembangkit gas masih bisa beroperasi sebesar 300 MW. Batubara 110 MW dan pembangkit diesel 31 MW.

Beban puncak pada hari sabtu 360 MW cuaca cukup mendukung sehingga beban tidak terlalu tinggi

“Kemudian keterbatasan hanya pada kuota gas bukan pressure jadi pembangkit gas masih dapat beroperasi,” tutup Bukti. (ptt)

Update