Rabu, 24 April 2024

9.000 Warga Lapor sebagai Pemilih

Berita Terkait

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam menemukan sedikitnya sembilan ribu pemilih baru yang akan masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) pasca membuka gerakan sadar hak pilih di 64 kelurahan yang ada di Batam.

“Sudah selesai semua. Ada kurang lebih sembilan ribu warga yang telah melaporkan diri sebagai pemilih pasca penetapan DPT,” kata Komisioner KPU Batam, Sudarmadi, Selasa (30/10).

Laporan saat ini tengah diproses di tingkat panitia pemungutan suara (PPS) dan akan diunggah oleh panitia pemihan kecamatan (PPK) ke dalam sistem pendataan pemilih (Sidalih).

“Mereka lagi input laporan dalam bentuk microsoft excel,” ucapnya.

Ia menyebutkan, sebelumnya KPU telah menetapkan DPTHP sebanyak 629.668 pemilih. Dengan masuknya data baru tersebut, kemungkinan jumlah pemilih juga akan menga-lami perubahan.

“Dari sembilan ribu itu kami juga harus kroscek. Jangan sampai ada data ganda. DPT pasti berubah dari yang sebelumnya,” ujarnya.

Lanjutnya, masih ada sinkro-nisasi data sebelum diplenokan. Jadi, kita masih bisa koreksi hingga 11 November mendatang. Setelah itu baru diserahkan ke KPU Provinsi untuk pleno.

Selain itu, pihaknya juga tengah menuntaskan 47 ribu data ganda yang terjadi di Batam.

Ia menyebutkan ada empat data ganda yaitu antar tempat pemungutan suara, kecamatan, kota dan provinsi. “Semua masih dalam proses. Mudah-mudah segera selesai,” tutupnya.(yui)

Update