Selasa, 16 April 2024

Pengelola Angkutan Laut Dibekali Ilmu Pelayaran

Berita Terkait

x.batampos.co.id – Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas melaksanakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) terhadap pemilik atau pengelola angkutan laut di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Diklat dilaksanakan selama 15 hari, yang dimulai Rabu (31/10) hingga (14/11) mendatang. Pemateri didatangkan dari Sekolah Tinggi Ilmu pelayaran Medan.

”Sasarannya yakni melatih masyarakat yang membawa angkutan laut,” ungkap Sekretaris Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas, Zulkarnain, Selasa (30/10).

Pelatihan ini dilaksanakan secara gratis yang merupakan program dari pemerintah pusat. Peme-rintah daerah sifatnya memfasilitasi. Kuotanya 200 orang lebih. Tapi yang mendaftarkan diri sekitar 185 orang. Kemudian yang ikut cek kesehatan 157 orang, gugur 6.

”Jadi yang lulus cek kesehatan ada 151,” jelasnya.

Ada beberapa kategori sertifikasi dalam pelatihan tersebut. Seperti pelatihan basic training dengan masa pelatihan selama sembilan hari. Kemudian Pemadam Kebakaran di laut latihannya selama lima hari, security training, P3K, dan lain sebagainya.

”Ada yang hanya tiga hari, ada yang sembilan hari tergantung sertifikasi yang diambil,” ungkapnya lagi.

Untuk melatih peserta tersebut dibutuhkan pemateri sebanyak 9 orang dari STIP Medan dan dari Dirjen Perhubungan laut. ”Instruktur enam orang. Dua tim medis satu operator,” ungkapnya.

Sertifikasi ini kata Zulkarnain, hanya berlaku selama satu tahun.

”Jadi harus diperpanjang setiap tahun,” tutupnya.(sya)

Update