Jumat, 19 April 2024

Pengisian Solar Subsidi hanya pada Jam Tertentu Saja

Berita Terkait

x.batampos.co.id – Sebagian besar warga Kota Batam ternyata belum tahu ada pembatasan waktu untuk pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Bio Solar atau solar subsidi. Pembelian solar di berbagai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Batam baru bisa dilakukan mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Sabri, pengendara mobil berbahan bakar solar kaget ketika operator SPBU di Batam Center menolak dirinya yang hendak membeli solar sekitar pukul 19.00 WIB.

”Padahal solar masih ada, kenapa tak boleh mengisi,” ujarnya, Senin (29/10) malam lalu.
Dikatakan Sabri, ia terpaksa mengisi solar pada malam hari karena dari pagi hingga malam, pengisian solar di berbagai SPBU antre. Kalau ada yang kosong, stok solar di SPBU itu biasanya sudah habis.

”Makanya saya beli malam. Eh, pas mau beli ditolak, alasanya waktu pengisian dibatasi,” imbuhnya.

Operator tersebut kemudian menjelaskan jika peraturan pembatasan waktu pembelian solar merupakan aturan pemerintah. Dirinya hanya menjalankan aturan.

”Pengisian solar dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Lewat itu tak bisa, karena memang aturan dari pemerintah,” imbuh operator yang enggan menyebutkan nama tersebut.

Sementara itu, Manajer Operasional SPBU Simpang Regata, Batam Center, Dadang Mai Asdinata menegaskan pembatasan waktu pengisian solar bersubsidi sudah lama diterapkan. Hal itu mengacu pada aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah bahwa solar subsidi bisa dibeli mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

”Aturan itu sudah lama, antara tahun 2012 dan 2013. Lewat dari jam 5 sudah tak bisa lagi,” tegas Dadang.

Mengenai masih ada warga yang belum tahu, Dadang angkat bahu. Pihaknya hanya menjalankan aturan yang sudah lama berlaku. Aturan pembatasan pembelian solar juga masih berlaku.

”Pembatasan waktu dan jumlah pembelian masih berlaku. Maksimal pembelian Rp 150 ribu. Per liter harganya Rp 5.150. Sedangkan untuk solar nonsubsidi, kami tak jual,” pungkas Dadang. (she)

Update