Rabu, 24 April 2024

Siap Buka Penerbangan Tiongkok-Batam

Berita Terkait

Sejumlah pesawat dari beberapa maskapai penerbangan menurunkan dan menaikkan penumpang di Bandara Hang Nadim Batam, Selasa (30/10).
F. Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Kota Guangzhou dan Shenzen di Tiongkok berminat untuk membuka penerbangan langsung dari Negeri Tirai Bambu itu ke Batam.

”Dari kedua kota itu sangat berminat. Tapi mereka minta-nya agar setelah tiba di Batam bisa ke kota lain lagi (pengumpan). Dan ini yang belum ketemu pasnya,” kata Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso di Bandara Hang Nadim, Selasa (30/10/2018).

Hanya saja, BP Batam selaku pemilik aset Bandara Hang Nadim menginginkan agar penerbangan langsung itu berakhir di Batam saja, tidak ke tempat lain lagi.

”Karena nanti bisa mematikan penerbangan lokal kita,” terangnya.

Karena itu, agar penerbangan langsung berakhir di Batam, BP Batam sudah memaparkan berbagai macam keunggulan pariwisata di Batam.

”Mereka mau tahu apa sih dari Batam yang bisa ditampilkan agar turis-turis tidak bosan dan bisa menginap lama,” ungkapnya.

Menurut Suwarso, Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo sudah menginstruksikan kepada jajarannya untuk mempelajari ini.

”Dari Cina (Tio­ngkok) sana meminta diskon landing fee. Maka akan dikaji apakah masuk dalam kewenangan BP Batam. (Jika iya) kami pasti akan berikan,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua Asita Kepri, Andika mengaku banyak terjadi peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kepri khususnya ke Batam.

”Sampai Agustus kemarin, Kepri mencatat 1,6 juta orang, dengan andil Batam mencapai 1,2 juta. Jadi kami sangat yakin kunjungan ke Batam akan meningkat lumayan banyak,” paparnya.

Ia optimistis hingga akhir tahun, wisman datang ke Batam bisa mencapai 1,8 juta. ”Asal tidak ada hal-hal yang mengganggu kenyamanan wisman di Batam,” pungkasnya. (leo)

Update