Kamis, 25 April 2024

2019, Dinkes Pemko Batam Minta Rp 138 Miliar

Berita Terkait

batam

Puskesmas Bulang.
foto: batampos.co.id / dalil harahap

pos.co.id – Dinas kesehatan kota Batam mengusulkan anggaran sekitar Rp 138 miliar dalam APBD 2019 mendatang. Anggaran tersebut sebagian besar untuk puskesmas yang ada di Batam.

“Ya sebagian besar untuk Puskesmas yang ada di Batam. Setiap puskesmas sekitar Rp 1 miliar sampai Rp 2 miliar,” kata kepala dinas kesehatan Pemko Batam, Didi Kusmarjadi, Kamis (1/11).

Didi mengatakan sebagian besar anggaran untuk Puskesmas ini didapat dari dana kapitasi. Sementara untuk revitalisasi gedung di 2019 mendatang tidak ada sama sekali.

Untuk pembelian obat, sama sekali tidak ditanggung oleh APBD, melainkan dari DAK. Dan ini membuat anggaran lebih ringan.

“Kalau revitalisasi tidak ada sama sekali. Kalau pembangunan puskesmas atau pustu baru direjeck dai DAK,” katanya.

Ia mengatakan, dengan anggaran yang terbatas, ia yakin semua petugas di puskesmas akan tetap melakukan pelayanan yang terbaik. Di mana semua petugas bekerja dalam 24 jam untuk melayani warga.

Sementara itu Sekretaris komisi IV DPRD Kota Batam, Udin P Sihaloho mengatakan, bahwa anggaran untuk Dinkes tersebut sudah dibahas di komisi. Dan ia berharap anggaran yang nantinya disahkan melalui paripurna DPRD Batam bisa digunakan sebaik mungkin.

“Jangan ada pelayanan yang asal-asalan lah. Puskesmas harus melayani masyarakat selama 24 jam. Dan pelayanan harus prima,” katanya.

Menurut Udin, yang paling utama selain pelayanan adalah ketersediaan obat yang selama ini menjadi sorotan di Batam. Di mana beberapa waktu lalu, rumah sakit Embung Fatimah sempat kehabisan obat. (ian)

Update