Iklan
ilustrasi

batampos.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam mengusulkan pembangunan ruang instalasi gawat darurat (IGD) untuk Puskesmas Tibanbaru tahun 2019 mendatang.

Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmardjadi mengatakan tahun depan pihaknya telah mengusulkan peningkatan infrastruktur khususnya pelayanan kesehatan masyarakat.

“Alhamdulillah meskipun tengah defisit. Dinkes masih diberikan anggaran untuk pembangunan IGD,” kata dia, Sabtu (3/11/2018).

Ia menjelaskan pembangunan IGD tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 sebesar Rp 3.5 miliar.

“Yang kami ajukan ada beberapa pembangunan. Namun hanya ini yang disetujui,” kata mantan Direktur RSUP Bintan ini.

Penambahan infrastruktur ini akan meningkatkan layanan yang ada di Puskesmas Tibanbaru mendatang. Saat ini kurang lebih 19 puskesmas yang telah beroperasi. Dua diantaranya merupakan puskesmas yang dibangun 2017 lalu dan belum berjalan dengan maksimal.

“Untuk itu kami mencoba meraih bantuan dari DAK ini karena APBD terbatas,” lanjutnya.

Selain peningkatan tersebut, tahun depan Dinkes juga berencana menambah armada puskesmas keliling dan mobil ambulance. Didi mengungkapkan beberapa armada memang membutuhkan pembaharuan karena termakan usia.

“Totalnya saya lupa. Yang jelas kami ada usulkan untuk pembelian armada baru,” imbuh pria yang juga berprofesi sebagai dokter kandungan ini. (yui)

Advertisement
loading...