Kamis, 25 April 2024

KPK akan Luncurkan Penerapan Pajak Online di Batam

Berita Terkait

contoh tapping box.
foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meluncurkan penerapan pajak online untuk dua provinsi, yakni Riau dan Kepri di Batam, Rabu (28/11/2018) mendatang.

Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam, Raja Azmansyah mengungkapkan gelaran tersebut diselaraskan dengan acara Perjanjian Kerja Sama (PKS) penerapan tapping box antara Bank Riau Kepri dengan pemerintah daerah di Provinsi Kepri (Batam, Bintan, dan Tanjungpinang) dan Provinsi Riau (Dumai dan Pekanbaru).

”Nanti pimpinan KPK Basaria Panjaitan yang datang mewakili KPK,” kata Raja, Minggu (4/11/2018).

Berkenaan dengan acara tersebut, ada lima gubernur yang diundang. Selain Gubernur Kepri dan Riau, KPK juga akan mengundang Gubernur Jambi, Bengkulu, dan Lampung.

Dalam kesempatan itu para kepala daerah akan melakukan PKS yang serupa dengan bank daerahnya masing-masing terkait penerapan tapping box.

”Batam ini jadi pilot project. Targetnya program ini jadi program nasional,” ujarnya.

Dia menyebutkan, sebanyak 500 Wajib Pajak (WP) turut hadir dalam kegiatan ini. Sebab, Raja mengklaim teknis pemasangan alat perekam data pajak itu berjalan lancar, dimana setiap wajib pajak dengan tangan terbuka menerima petugas dari BP2RD dan Bank Riau Kepri.

”Sekarang sudah terpasang 300 alat. Kami kemarin break seminggu untuk siapin teknisnya. Rencananya pekan depan kami mulai lagi tambah yang 200 alat,” sebutnya.

Raja mengatakan, 200 alat ini termasuk untuk grup Morning Bakery. Secara umum sektor yang akan dipasang alat ini difokuskan di hotel, restoran, parkir, dan tempat-tempat hiburan.

Ia menilai beberapa wajib pajak, termasuk Morning Bake-ry baru dipasang karena sebelumnya wajib pajak-wajib pajak tersebut belum memiliki alat seperti mesin kasir yang cocok dengan alat perekam pajak yang disiapkan BP2RD.

”Kami minta mereka (wajib pajak, red) ganti dulu mesin cash register (mesin kasir), kami akan pantau terus. Senin (hari ini, red), rencananya kami mulai pasang lagi tapping box-nya,” terangnya.(iza)

Update