Sabtu, 20 April 2024

Pemda Anambas Diminta Bersihkan Sampah Laut

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas khususnya Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup, perlu melakukan kontrol sampah, sekaligus membersihkan sampah yang membahayakan lalu lintas di laut. Seperti sampah kayu, plastik, dan botol minuman.

“Ini untuk memastikan keamanan transportasi laut terutama mereka yang berlayar pada malam hari,” ujar Kapolsek Siantan, AKP Jefri Syam, kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Menurut keterangan dari pihak kepolisian, kecelakaan speedboat puskesmas keliling (puskel) yang terjadi bebera-pa waktu lalu akibat menabrak sampah kayu yang terapung di laut Air Tang, Desa Air Putih, Kecamatan Siantan Timur.

“Memang saat kami sedang melakukan pencarian, sampah banyak sekali yang me-ngapung di sekitar lokasi terjadinya kecelakaan,” ungkap Jefri.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas, Andi Agrial menjelaskan, pihaknya sudah menurunkan personel untuk membersihkan sampah yang mengapung di laut. Namun khusus untuk sekitar perairan Tarempa saja.

“Sudah dibersihkan, tapi untuk perairan Tarempa saja,” ungkapnya kepada wartawan, Minggu (4/11).

Sementara itu, ia menegaskan untuk lokasi terjadinya kecelakaan, tidak dilakukan pembersihan sampah, karena ia yakin sampah sudah hanyut terbawa arus.

“Sampah muncul kalau air pasang surut saja, kalau seka-rang ini, dipastikan tidak ada sampah lagi di sekitar lokasi terjadinya kecelakaan laut itu,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas, Zulkarnain, sebelumnya mengatakan untuk meningkatkan keamanan pihaknya menempatkan personel di pelabuhan untuk memastikan angkutan laut yang beroperasi sudah memenuhi standar keselamatan berlayar.

“Kami sudah tempatkan personel di pelabuhan untuk cek dan ingatkan agar pengemudi memperhatikan kese-lamatan berlayar,” ucapnya, beberapa waktu lalu.(sya)

Update