Sabtu, 20 April 2024

Pemko Batam Dorong Keterlibatan CSR dan Pelaku Wisata Kembangkan Pariwisata

Berita Terkait

Turis dari negera Filipina berswafoto di Welcome To Batam, Minggu (4/11). Sabtu dan Minggu turis lokal dan mancanegara banyak berwisata ke Batam. Mereka mengunjungi tempat wisata, belanja dan massage kecantikan. F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam berkeinginan mengembangkan atraksi budaya di Dataran Engku Putri, Batam Center. Disbudpar mendorong dana Corporate Social Responsibility (CSR) dan pelaku wisata untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

”Kalau bisa, setiap minggu ada atraksi di sana (Dataran Engku Putri, red). Jadi, akan ramai sehingga mampu menjadi daya tarik wisata,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata, Minggu (4/11).

Ia mengatakan, bagi CSR dan pelaku pariwsata yang berminat dapat berkoordinasi dengan Disbudpar. Pada prinsipnya, lanjut mantan Kabag Humas Pemko Batam ini, Pemerintah Kota (Pemko) Batam mendukung kegiatan kepariwisataan. Disbudpar akan agendakan setiap minggu ada kegiatan pengem-bangan pariwisata Batam.

”Nah, kalau ada dukungan dari CSR maupun pelaku pariwisata, kita berikan kesempatan pada paguyuban dan sanggar seni untuk tampil,” terangnya.

Ke depan, sambung pria yang juga pernah menjabat Inspektur Pembantu 4 Inspektorat Pemko Batam, jika berjalan lancar, bukan tidak mungkin intensitas penye-lenggaraan atraksi akan meningkat bahkan dua kali dalam sepekan. ”Tour agent bisa membawa wisatawan ke sana,” imbuhnya.

Terkait atraksi ini, ia mengaku pihak swasta dan pemerintah pusat cukup andil. Maka pihaknya membuka diri jika swasta dan pemerintah pusat menggelar event di Batam. Ia menilai membangun pariwisata tidak hanya tentang atraksi. Atraksi merupakan satu dari sekian elemen yang mendukung dunia pariwisata. Tapi ada hal lain seperti aksesibilitas dan amenitas.

Tak heran, kata dia, Wali Kota Batam Muhammad Rudi menaruh perhatian cukup besar pada pengembangan aksesibilitas di Batam dengan membangun jalan. Akses yang bagus dinilai dapat mendongkrak berbagai sektor, tak terkecuali pariwisata yang kini sedang dikembangkan untuk menjadi andalan baru perekonomian Batam.

”Membangun pariwisata memang tidak hanya di Dinas Pariwisata. Wali Kota kita memahami betul hal ini, maka aksesibilitas jalan kemudian dibuatkan pedes-trian, taman-taman itu semua ditataguna mendukung kepariwisataan, sehingga Batam semakin berdaya tarik,” terangnya.

Soal amenitas, ia mengatakan, di Batam berbagai macam hotel sudah ada. Bahkan Disbudpar mendorong pihak hotel terus berbenah menuju pelayanan yang semakin baik. ”Bahkan, kini kami sedang giat bekerja sama dengan restoran-restoran menyiapkan layanan yang baik, hingga kehigienisan makanan yang disaji,” ungkapnya.(iza)

Update