Sabtu, 20 April 2024

Laga Perdana Kejuaraan Bola Basket Piala Gubernur Kepri 2018

Berita Terkait

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun melakukan lemparan pertama menandai dimulainya Kejuaraan Bola Basket Piala Gubernur Kepri 2018 di Hi-Test Arena, Batam, Selasa (6/11).

batampos.co.id – Kejuaraan Bola Basket memperebutkan Piala Gubernur Kepri 2018 resmi bergulir di Hi-Test Arena mulai Selasa (6/11) hingga Ming-gu (11/11). Pada laga perdana tersebut, Batam sukses membungkam Karimun dengan skor 52-59.

Kejuaraan yang diselenggaran kali kedua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kepri ini hasil kerja sama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kepri.

”Ini penyelenggaraan tahun kedua. Dan tahun ini digelar di Batam,” ujar Penasihat Perbasi Kepri, Asmin Patros, Selasa (5/11).

Asmin menyebutkan kejuaraan ini diikuti sebanyak lima kabupaten/kota se-Kepri. Hanya kabupaten Lingga dan Natuna yang absen. Selain itu, lanjutnya, kejuaraan ini juga mengikutkan eksebisi putri dan juga pertandingan antarklub.

”Tujuan kejuaraan ini memompa prestasi cabang olahraga basket di Kepri,” ujarnya.

Beberapa raihan prestasi dicontohkan Asmin dalam pembinaan cabor basket. Prestasi tertinggi basket Kepri adalah perak dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Kalimantan Timur (Kaltim). Saat itu di final Kepri kalah dari DKI Jakarta.

”Kepri juga berhasil meraih peringkat tujuh saat PON Riau beberapa waktu lalu. Saat itu pesertanya sebanyak 12 provinsi,” beber Asmin.

Ia mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri dalam mengembangkan cabor basket di Kepri.

”Kami berterima kasih atas perhatian Pemprov Kepri untuk perkembangan basket di Kepri. Semoga di masa mendatang olahraga Kepri bisa lebih maju dan semakin maju,” harapnya.
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menyampaikan untuk mengembangkan olahraga diperlukan peran serta semua unsur dalam masyarakat.

”Kita harus bergandeng tangan, bahu membahu untuk bisa membangun olahraga di Kepri,” tuturnya.

”Cabor bola basket adalah salah satu yang punya potensi kuat di Kepri. Melalui kejuaraan ini, bakat-bakat potensial bisa digali dan dikembangkan,” ungkapnya.

Selain itu, Nurdin juga beranggapan bahwa potensi atlet basket Kepri akan terpantau dengan banyaknya kejuaraan yang digelar. ”Melalui kejuaraan ini baru bisa terlihat kemampuan asli atlet basket di Kepri,” jelasnya.

Gubernur menegaskan terkait dengan pembangunan tentunya tak bisa lepas dari pengembangan olahraga. ”Memang selain peduli dengan pembangunan juga harus peduli dengan olahraga. Kita berharap makin banyak tokoh-tokoh dan pengusaha yang tertarik ikut memajukan olahraga di Kepri,” tuturnya.

Dia berharap kejuaraan ini bisa membentuk generasi olahragawan Kepri yang berprestasi.

”Selamat bertanding, jaga sportivitas. Di masa mendatang generasi Kepri harus menjadi generasi olahragawan yang berprestasi,” harapnya.

Sementara itu, pada hari pertama kemarin, sebanyak tiga pertandingan digelar. Di pertan-dingan pertama berhadapan tim Batam melawan Kabupaten Karimun. Sedang pertandingan kedua mempertemukan Kabupaten Bintan melawan Kabupaten Anambas. Dan pertandingan ketiga antarklub dimana klub Karimun berhadapan dengan Seagull.

Di pertandingan pertama, Kota Batam berhasil mengalahkan Kabupaten Karimun dengan skor 52-59. Di kuarter pertama, Batam unggul dengan skor 10-14. Kuarter kedua menjadi milik Karimun dengan skor 13-11. Sedangkan di kuarter ketiga berjalan semakin sengit. Kedua tim mempertunjukkan kemampuan menyerang dan bertahan dengan baik.
Beberapa kali Karimun berhasil mengungguli perolehan poin Batam. Tetapi determinasi yang dipertunjukkan pemain Batam menjadi pembeda. Di akhir kuarter ketiga Batam berhasil unggul atas Karimun dengan skor 13-16.

Di kuarter keempat permainan Batam kian susah dibendung. Meski Karimun mampu mengejar tetapi konfidensi tingginyang ditunjukkan pemain Batam membuat perolehan skor semakin jauh. Akhirnya Batam berhasil meraih kemenangan pertama dan menutup kuarter keempat dengan skor 52-59. (yan)

Update