Iklan
Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad.
foto: batampos.co.id / dalil harahap

batampos.co.id – Ketua Tim Percepatan Pengentasan Kemiskinan Batam, Amsakar Achmad masih menunggu hasil verifikasi penerima bantuan dari Kementerian Sosial tahun 2019 mendatang.

“Saya belum terima datanya, lagi proses verifikasi,” kata dia, Rabu (7/11).

Ia menjelaskan tahun depan kuota bantuan untuk Batam masih sama dengan tahun ini yaitu 32.493 ribu penerima. Tim saat ini tengah turun ke lapangan dan mendata keadaan terbaru penerima bantuan tersebut.

“Mereka masih door to door memastikan penerima masih ada di Batam atau sudah pindah,” sebutnya.

Amsakar menyebutkan perhitungan penerima bantuan ini dinilai dari penghasilan perbulan, jumlah anak, kondisi rumah, serta pendidikan anak di satu keluarga. “Jadi itu kira-kira aspek yang menjadi indikator kemiskinan,” jungkapnya.

Mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Batam ini mengungkapkan hasil verifikasi akan dilaporkan ke pusat paling lambat akhir November ini.

Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat selaku dinas yang membawahi bantuan orang miskin ini masih bekerja. “Mereka yang sudah terverifikasi akan didaftarkan sebagai penerima di tahun 2019 mendatang.

“Ya, mudah-mudahan proses berjalan dengan baik. Sehingga kami bisa usulkan sebelum batas waktu berakhir,” tambahnya.

Kepala Bidang Sosial, Dinsos-PM Batam, Rayanis Aminah mengatakan saat ini masih proses pendataan. Dari kuota yang diberikan yaitu 32.493 yang berhasil melengkapi berkas sebagai penerima bantuan hanya 23.502 penerima.

“Itu yang bisa memenuhi persyaratan. Kalau yang lain tidak ada melampirkan syarat jadi tidak bisa mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Ia menargertkan proses verifikasi selesai 20 November mendatang dan segera diusulkan untuk menjadi penerima tahun 2019 mendatang. (yui)

Advertisement
loading...