Sabtu, 20 April 2024

Disdukcapil Turun ke Sekolah, Ajak Pelajar Miliki KTP

Berita Terkait

foto: batampos.co.id / dalil harahap

batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam (Disdukcapil) terus lakukan rekam Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke Sekolah Menegah Atas atau sederajat untuk mendata siswa yang sudah berumur 17 tahun, dimana datanya nantinya akan didataftarkan menjadi pemilih tetap untuk pemilu 2019 mendatang. Dari agenda yang sudah disusun Disdukcapil pendataan kesekolah akan dilansanakan hingga desember 2018. Kamis (8/11).

Dari pantauan Batampos saat mendatangi SMA 1 Batam, Sekupang, Zulbaidah Wakil Kepala Sekolah bagian humas menjelaskan antusias siswa-siswi yang sudah didata oleh Disdukcapil untuk pembuatan KTP yang selanjutnya didaftarkan menjadi pemilih tetap pada pemilu 2019.

“Mereka terlihat senang Karena mereka tau sudah memiliki KTP dan hak pilih untuk pemilu mendatang, jadi mereka begitu semangat saat perekaman KTP elektronik,” ujarnya di ruangan wakil kepala sekolah.

Lebih lanjut Ia menjelaskan dari pihak sekolah memang tidak pernah mengarahkan para murid untuk memilih salah satu calon. Pihak sekolah hanya menyadarkan para murid bahwa mereka sudah memiliki hak pilih.

“Agar menggunakannya sesuai hati nurani masing-masing,” ungkapnya.

Rachmad Pramuda siswa SMA 1 Batam kelas 12 IPA 2 mengaku senang jika tahun 2019 sudah bisa mengikuti pesta demokrasi dan bisa berkontribusi untuk negara sendiri melalui hak suara yang ia berikan dalam pemilu.

“Sangat senang karena ini pemilu perdana saya,” ujarnya dengan penuh semangat.

Sama halnya dengan yang diutarakan Achmad Zainudin Arma teman satu kelas Rachmad mengaku senang namun Ia mengakun belum mengerti terkait mekanisme pencoblosan nantinya, Ia berharap akan ada sosialisasi dari Komisi Pemilihan Umun (KPU).

“Agar tidak salah dalam pencoblosan yang akhirnya hak suara kami hangus,” harapnya.(cr2)

Update