Iklan
Petugas kebersihan merapihkan sampah-sampah di tempat penampung sementara Bengkong Sadai, Senin (20/8/2018). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam tidak akan menambah kekuatan satuan petugas (satgas) pelayanan pengangkutan sampah tahun 2019 mendatang.

Kepala Bidang Persampahan, DLH Batam, Faisal Novrieco mengatakan jumlah satgas yang akan bertugas tahun depan masih sama. Saat ini sedikitnya 904 satgas bekerja melayani pengangkutan sampah hingga kebersihan jalan.

“Kita maksimalkan yang ada dulu,” kata dia, Kamis (8/11).

Ia menyebutkan setiap saat terjadi peningkatan tonase sampah seiring dengan pertumbuhan perumahan dan perpindahan pendududuk. Seperti daerah Batamcenter dan Seibeduk yang memiliki kepadatan penduduk cukup tinggi.

“Objek sampah sudah pasti bertambah, makanya kita siapkan formula agar tidak terjadi masalah pengangkutan sampah di tahun depan,” ujarnya.

DLH berencana menambah titik pengangkutan satu armada guna memaksimalkan pengangkutan sampah. Ia menyebutkan saat ini satu armada melayani 25 titik pengangkutan sampah, ke depan akan ditingkatkan menjadi 30 titik.

Opsi lain yang juga akan dijalankan tahun depan yaitu penambahan tonase sampah satgas ke TPA punggur. Kalau saat ini petugas tersebut mengangkut 3.5 ton akan dinaikkan menjadi empat ton setiap harinya.

“Ya mau tidak mau satgas kami harus bekerja ektra di tahun depan. Berat memang. Tapi kaki sudah komitmen menjaga kebersihan kota Batam ini,” ujarnya.

Disinggung mengenai penambahan armada, Faisal mengaku tetap memaksimalkan armada yang ada. Kondisi armada yang rusak terus diperbaiki.

“Ya karena kondisi anggaran tidak memungkinkan saat ini. Tapi tahun ini kami kan sudah beli bin baru. Tak ada lagi bin yang bolong-bolong,” bebernya.

Ia berharap dengan keterbatasan ini tidak ada masalah pengangkutan sampah di tahun 2019. Pihaknya berupaya menyiasati kekurngan ini dengan memaksimalkan kinerja satgas dan armada yang ada saat ini.

“Memang berat tapi dengan komitmen kerja yang sudah ada, kami berharap semua berjalan tanpa masalah,” tutupnya.(yui)

Advertisement
loading...