Iklan
Wali Kota Batam HM Rudi ketika menyalami veteran yang hadir dalam upacara Hari Pahlawan, Sabtu (10/11). (Bobi Bani/JawaPos.com)

batampos.co.id –  “Kami layani mereka (veteran) sesuai kemampuan daerah. Saat ini keadaan kami biasa-biasa saja. Jadi kami layani dengan kemampuan itu,” kata Wali Kota Batam HM Rudi saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan di Mako Lanal Batam, Kecamatan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (10/11).

Pada kesempatan ini, Rudi membacakan sambutan dari Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita. Dia menyampaikan bahwa siapa pun dapat menjadi pahlawan dengan berinisiatif melakukan hal yang bermanfaat bagi lingkungan.

Semangat kepahlawanan harus terus ditularkan dengan cara menginspirasi masyarakat. Tidak ada kata akhir untuk berjuang. Harus membangkitkan ide dalam mentransformasikan perjuangan para pahlawan dalam bentuk pembangunan.

Sekaligus memperkuat bangsa dalam menghadapi tantangan global. “Indonesia butuh pemuda yang kokoh. Sehingga pelayanan bisa diberikan kepada mereka yang membutuhkan,” ucap Rudi.

Prosesi upacara peringatan Hari Pahlawan sendiri dimulai pukul 08.00 WIB. Kemudian ditutup dengan tabur bunga sekitar pukul 09.00 WIB. 15 Veteran turut mengikuti upacara tersebut. Mereka tampak khidmat mengikuti seluruh rangkaian acara.

Salah satu veteran yang hadir adalah R JH Jhony BL. Geraknya yang pelan namun pasti ketika mengikuti instruksi narator, memperlihatkan keseriusannya menjalani upacara.

Demikian pula saat prosesi mengheningkan cipta. Dengan kepala tertunduk, bibir Jhony terlihat bergerak mengucapkan kata-kata. Sebuah pemandangan yang menyentuh bagi siapa pun yang melihatnya.

(bbi/JPC)

Advertisement
loading...