Rabu, 24 April 2024

Sejauh Ini Hanya 121 Peserta Lolos SKD

Berita Terkait

Para peserta tes CPNS di Batam.
foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Mendekati berakhir-nya waktu pelaksanaan tes Computer Assisted Test (CAT) calon pegawai negeri sipil (CPNS), jumlah peserta yang lolos masih jauh dari kuota yang disediakan oleh pusat.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Batam, Sahir mengatakan kesempatan masih sangat terbuka bagi peserta yang belum mengikuti tes CPNS. Data terakhir yang diterima baru ada 121 peserta yang berhasil lolos tahap seleksi kompetensi dasar (SKD) dari 3.345 peserta.

Pemko Batam sendiri diberikan kuota 363 formasi dengan total pelamar mencapai 5.339 peserta. Melihat situasi saat ini, kesempatan bagi pelamar lainnya masih terbuka lebar.
Tes akan digelar hingga 17 November mendatang. Selanjutnya peserta yang lolos tahap SKD akan mengikuti tes kemampuan bidang (SKB) sesuai de-ngan formasi yang mereka pilih.

Sahir menambahkan untuk materi soal yang disediakan sesuai dengan grade peserta. Penyebab banyaknya peserta yang gagal hanya masalah waktu yang menurut mereka terlalu singkat.

”Itu saja kendalanya. Kalau isi soal menurut saya tak ada masalah,” sebutnya.
Pemko Batam juga masih menunggu kebijakan dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) jika yang lolos SKD kurang dari kuota.

”Proses masih berjalan. Kami tunggu arahan Panselnas saja. Karena kami sudah infokan kepada mereka jumpa peserta yang lolos hingga saat ini,” bebernya.

Sementara itu, Wali Kota Batam Muhammad Rudi sudah menyurati Kementerian Aparatur Sipil Negara, Birokrasi dan Reformasi untuk penurunan passing grade jika yang lolos seleksi tidak memenuhi kuota yang disediakan.

”Ya itu tergantung mereka nanti kebijakannya seperti apa. Yang jelas kami berusaha formasi yang disediakan ini terisi penuh,” ujarnya.

Solusi apa yang akan diberikan nantinya. Sebagai pelaksana tentu Pemko Batam mendukung. Kebijakan seperti menerapkan sistem rangking atau sepeti apa nantinya.

”Yah kita tunggu saja dari pusat. Sekarang kita selesaikan dulu tahap tes pertama ini. Mudah-mudahan hingga batas akhir yang lolos melebihi atau sesuai dengan kuota yang tersedia,” tutupnya.(yui)

Update