Sabtu, 20 April 2024

Catat, Ini Angka Kelulusan SKD Tes CPNS 2018

Berita Terkait

batampos.co.id – Banyak formasi CPNS yang kosong karena jutaan peserta tidak memenuhi passing grade SKD. Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Iwan Hermanto mengungkapkan, banyaknya formasi kosong membuat panitia seleksi nasional (Panselnas) waswas bila target mendapatkan PNS sesuai kebutuhan untuk layanan publik, tidak tercapai.

“Begitu hasil SKD kami dapat, kami melihat kemungkinan target tidak terpenuhi. Makanya kami mengusulkan agar ada kebijakan khusus untuk mengatasi ini. Apalagi jumlah kelulusan tahun inj sangat rendah,” ujar Iwan di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Senin (12/11).

Selain tingkat kelulusan rendah, target pemenuhan 3 kali formasi di bawah 5 persen, sehingga dipastikan yang ikut seleksi kompetensi bidang (SKB) jauh di bawah standar. Dia menyebutkan, tingkat kelulusan untuk wilayah timur Indonesia paling rendah, tidak sampai 10 persen. Formasi kosongnya mencapai 90.59 persen.

Indonesia tengah formasi kosongnya mencapai 72,69 persen. Indonesia barat 58,47 persen. Dan untuk kementerian/lembaga 12,90 persen.

“Yang jadi masalah tahun ini, formasi yang disiapkan sangat banyak 238.050. Yang terbanyak untuk daerah tapi paling banyak kosong, makanya sangat memengaruhi persentase kelulusan. Untuk pusat lebih aman karena yang kosong hanya 12,90 persen,” paparnya.

Dia menambahkan, kebijakan khusus mau tidak mau harus diambil lewat diskresi. Ini demi mengisi formasi kosong walaupun nanti peserta yang kena kebijakan khusus tidak boleh mengganggu hasil kelulusan pertama (peserta yang lulus passing grade). (esy/jpnn)

Update