Jumat, 19 April 2024

Perlu Roro Kepri-Malaysia

Berita Terkait

batampos.co.id – Wakil Gubernur Kepri, Isdianto menegaskan transportasi laut di Kepri sangat perlu ditingkatkan. Tak hanya antar pulau di Kepri atau domestik, namun juga antar negara.

“Geografis Kepri itu, 98 persennya laut dan 2 persen darat. Jadi transportasi laut harus ditingkatkan,” ujar Isdianto, akhir pekan lalu.

Jika transportasi laut lancar, maka sektor ekonomi di Kepri dipastikan meningkat. Pendapatan Kabupaten dan Kota di Kepri juga meningkat.

Apalagi selama beberapa tahun terakhir pendapatan di Kepri terus berkurang. Selain menurunnya sektor ekonomi, hal lainnya juga karena dikuranginya dana tunda salur dari pemerintah pusat.

“Kita butuh pelabuhan dan transportasi yang lancar, sehingga bisa mendorong peningkatan ekonomi. Sebab saat ini Kepri devisit,” tutur Isdianto.

Bahkan menurutnya, Kepri tak hanya butuh tambahan kapal roro antar domestik, namun juga antar negara. Apalagi, Kepri bersebelahan langsung dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

“Harapan kami, adanya Roro dari Kepri ke Malaysia. Masa adanya cuma di Dumai. Padahal, Kepri ke Malaysia lebih dekat dibandingkat Dumai-Malaysia,” imbuh Isdianto.

Sementara, Direktur Pembinaan Keselamatan Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Mohamad Risal Wasal akan menyampaikan keinginan Isdianto kepada Menteri dan Dirjen. Ia berharap, hal itu juga dapat disetujui. Mengingat kondisi Kepri yang wilayahnya memang terdiri dari laut.

“Saya pribadi sangat mendukung. Permintaan pak Isdianto akan saya sampaikan,” imbuh Raisal. (she)

Update