Sabtu, 20 April 2024

Drone Jadi Kendaraan Dinas Polisi Dubai

Berita Terkait

Polisi Dubai melakukan uji coba motor terbang Hoverbike sebagai kendaraan operasional (Istimewa)

batampos.co.id – Dubai menjadi surga bagi petugas kepolisian. Negara ini memfasilitasi petugas keamanan mereka dengan supercar top dunia sebagai mobil operasional. deretan mobil seperti Bugatti Veyron, Porsche 918 Spyder, Audi R8 atau Ferrari FF telah menjadi bagian dari pihak keamanan mereka.

Tidak berhenti disitu. Kini Dubai kembali mengejutkan dunia lewat rencana mengoperasikan sepeda motor terbang (drone) di negaranya sebagai fasilitas petugas kepolisian setempat. Motor terbang tersebut adalah Hoverbike S3 2019.

Carscoops, Selasa (14/11) menyebutkan pemerintah Dubai menginginkan kotanya selalu aman dari berbagai tindakan kriminal di jalan raya sehingga semua fasilitas terbaik untuk menunjang tugas kepolisian diakomodir dengan sangat baik.

Kabarnya motor terbang Hoverbike S3 2019 produksi Hoversurf yang berbasis di California kini sementara diuji coba oleh pihak kepolisian Dubai. Secara spesifikasi, motor ini digerakan baterai tipe hibrida 12,3 kWh yang memungkinkan waktu terbang hingga 40 menit dalam mode drone.

Namun durasi terbangnya, tergantung pada berat pengendara dan kondisi cuaca, waktu penerbangan sebenarnya adalah antara 10 hingga 25 menit. Meski pabrikan tak menjelaskan seberapa tinggi motor ini akan terbang, tapi mereka mengklaim ia dapat terbang pendek untk mengejar dan menagkap para pembuat onar.

Hoverbike S3 2019 membutuhkan waktu pengisian ulang baterai 2,5 jam untuk setiap 25 menit penggunaan penerbangan maksimum hanya 96 km / jam. Ia didukung penggerak empat baling-baling karbon yang cukup dekat dengan pengendara. Namun, Polisi Dubai mengatakan jarak baling-baling tersebut relatif aman sehingga hal tersbut masih dalam standar safety.

Bermodal motor terbang ini, pihak kepolisian yakin bahwa para pelaku kejahatan akan berpikir ulang untuk melakukan tindakannya.Pihak pemerintah belum mengumumkan berapa unit yang akan disiapkan untuk personil kepolisinnya. Motor supercanggih ini memiliki harga 150 ribu dolar AS atau setara dengan Rp 2,19 miliar (kurs Rp 14.600).

Harganya yang tinggi sepedan dengan teknologi yang disematkan padanya dan fungsinya yang sangat efisien. Dengan adanya kendaraan operasional baru yang lebih mutakhir, kepolisian Dubai bisa dianggap sebagai aparat keamanan dengan fasilitas operasional termewah di dunia. (wzk/JPC)

Update