Selasa, 19 Maret 2024

Mantan Anak Band Berbisnis Gitar

Bermula dari Hobi

Berita Terkait

F. Adil Situmorang/batampos.co.id

batampos.co.id – Hobi bisa menjadi awal merintis bisnis. Banyak yang berhasil menjadikan hobi jadi bisnis prospektif jika ditekuni dengan benar, Nanang Ferdyansyah (47) salah satunya.

Mantan bassis grup band remaja di Jakarta ini sukses merintis bisnis pembuatan dan reparasi gitar di batam. Ide reparasi gitar berawal dari hobi Ferdy yang gemar memperbaiki gitar miliknya sendiri.

“Awal belajar reparasi gitar karena memang suka benerin gitar sendiri dan bongkar-bongkar gitar yang rusak. Belajar buat gitar dari teman-teman satu forum yang bernama luthier, akhirnya saya buka workshop sendiri,” ujar Ferdy kepada batampos.co.id di workshopnya di Tiban BTN, Blok E no. 5, Sekupang, Jum’at (16/11).

“Sejak 2014 sampai 2017 lalu, saya masih buka reparasi di rumah sendiri hanya bermodalkan obeng, solder dan cinta. Karena kita harus mencintai apapun pekerjaan kita biar bisa sukses dan berhasil,” ungkap pria lulusan Accounting ini.

Ferdy lebih memilih menjadi seorang teknisi guitar daripada menjadi seorang accounting. “Dulu saya pernah menjadi seorang accounting, tapi fashion dan style saya lebih kepada seni dan musik, saya suka gitar,” ungkapnya.

Kini ferdy berhasil meraup keuntungan dari hasil keahlian yang disukainya sejak kecil itu. “Enam sampai Rp 8 juta omzet saya perbulannya. Permintaan pelanggan kian banyak sampai kadang kita kewalahan ngerjakannya. 30-40 gitar dalam sebulan harus kita selesaikan,” tambahnya.

Makanya dia belum berani menerima pesanan pembuatan gitar. “Mungkin ke depannya akan bisa fokus juga buat gitar,” kata ferdy.

Tidak hanya itu, dari berbagai daerah di Batam, Singapura, Johor, Pontianak dan Jakarta juga ada konsumennya. (cr1)

Update