Rabu, 24 April 2024

Terpisah 8 Tahun, Keluarga Ini Bersatu Kembali Berkat Tiktok

Berita Terkait

Zhu Lei (baju biru), 28 tahun, hilang ketika bekerja di Shanghai pada 18 Mei 2010 (SCMP)

batampos.co.id – Seorang pria tunawiswa dari Tiongkok yang telah berkeliaran di Tiongkok selama delapan tahun telah bersatu kembali dengan keluarganya setelah video dirinya diunggah ke TikTok. Dilansir dari Channel News Asia pada Kamis, (15/11), Zhu Lei, 28 tahun, hilang ketika bekerja di Shanghai pada 18 Mei 2010.

Sejak 2010, ia tampaknya telah mengemis dan berkeliaran di sekitar Tiongkok Timur, akhirnya berakhir di Kota Huzhen, di Quzhou, Provinsi Zhejiang, sekitar 600 km selatan kampung halamannya di Provinsi Anhui.

Ketika Zhu muncul di luar sebuah restoran di Huzhen, pemilik restoran yang baik hati, Zheng Yijie, merasa kasihan dan menawarinya makan. Seorang pemilik toko tetangga memberinya mantel dan sepatu tua untuk membuatnya tetap hangat.

Mereka berdua ingin membantu Zhu kembali ke keluarganya sehingga Zheng memutuskan untuk mengunggah video dirinya ke TikTok, yang dikenal sebagai Douyin di Tiongkok, dengan harapan bahwa pemirsa akan menyebarkan berita. Dua video pertama Zheng, diunggah pada tanggal 4 November, dengan cepat mengumpulkan 500.000 viewers.

Namun netizen mengatakan, rambut berantakan dan janggut panjang pria itu akan membuat keluarganya tidak mudah mengenalinya. Kemudian Zheng memfilmkan video lain tiga hari kemudian. Dia telah mengidentifikasi Zhu dengan bekas luka di lutut kirinya, luka tersebut didapat ketika dia berusia tujuh tahun. Dua hari kemudian, pada 9 November, Zhu bertemu kembali dengan kerabatnya.(ina/JPC)

Update