Sabtu, 20 April 2024

1.250 Warga Pulau Bisa Nikmati Air Bersih

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCK-TR) Kota Batam menargetkan 1.250 jiwa warga yang tinggal di Pulau Subang Mas dan pulau sekitarnya bisa menikmati air bersih mulai tahun 2019 mendatang.

”Tahun ini sudah 38 persen dari target 42 persen di RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, red) warga pulau yang sudah menikmati air bersih,” kata Kepala DCK-TR Batam, Suhar, Jumat (16/11).

Dikatakannya, tahun 2019 mendatang pihaknya akan membangun Sistem Penyediaan Air Minum SPAM) di Pulau Jaloh, Kecamatan Bulang. Pembangunan akan menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 sebesar Rp 6,1 miliar.

Selain itu, peningkatan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) juga akan dilakukan di Pulau Subang Mas yang sebelumnya sudah dibangun SPAM. Peningkatan ini diper-lukan agar air yang dihasilkan tetap bisa dinikmati warga sekitar. Untuk peningkatan infrastruktur ini pihaknya menyiapkan anggaran Rp 2,4 miliar.

”Total alokasi anggaran Rp 8,3 miliar untuk air bersih, semua dari DAK,” sebutnya.

Ia menambahkan masih ada lima persen lagi warga yang akan dituntaskan pelayanan air bersihnya tahun depan. Ia berharap pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Batam bisa membantu warga dalam memenuhi kebutuhan air bersih mereka.

Sebelumnya, tahun 2018 ini DCK-TR juga telah memasang jaringan distribusi pipa bawah laut dari Pulau Mecan yang sebelumnya sudah ada air bersih. Selain itu, pihaknya juga telah membangun SPAM lengkap dengan kolam sumber air beku sampai instalansi pengolahan air hingga ke rumah warga.

”Target 24 persen. Alhamdulilah bisa melampaui jadi 38 persen. Kami terus optimalkan pelayanan air bersih di pulau. Kalau mainland kan sudah 98 persen terlayani,” ungkap Suhar.(yui)

Update