Selasa, 23 April 2024

204 Peserta CPNS Lolos SKD

Berita Terkait

Sejumlah Peserta ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melihat hasil ujian usai mengikuti tes Computer Assisted Test (CAT) di Gedung Bersama Pemko Batam, Sabtu (3/11). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Hari terakhir pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) telah usai digelar. Tes yang digelar sejak 22 Oktober lalu ini berhasil mendapatkan 204 peserta dan dipastikan mengikuti tes kemampuan bidang tanggal 22-28 November mendatang.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Batam, Jepridin mengatakan Batam termasuk salah satu daerah dengan total peserta yang lolos SKD tertinggi di Kepri dan daerah lainnya. Secara keseluruhan total kelulusan mencapai 4,8 persen.

“Alhamdulillah, pencapaian kita cukup tinggi meskipun belum terpenuhi kuota yang diberikan pusat,” kata dia usai meninjau pelaksanaan ujian di Gedung Bersama Pemko Batam, Sabtu (17/11).

Dari 204 peserta yang lolos tersebut, pihaknya masih akan merekap formasi mana saja yang mendapatkan pelamar terbanyak dan sedikit atau malah kosong sama sekali.

Mengenai jumlah peserta yang lolos SKD, Jepridin mengungkapkan akan segera menyurati Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) terkait hasil seleksi yang masih di bawah kuota yang diberikan kepada Pemko Batam.

“Kami inginnya 363 ini terisi semua karena kondisinya dibutuhkan. Suratnya secepatnya kami kirim, kemarin baru informasi saja karena harus menunggu hasil akhir,” jelasnya.

Masih ada beberapa hari ke depan sebelum tes SKB diselenggarakan, semoga ada kebijakan terkait hal ini. “Apakah nanti sistem rangking atau seperti apa,” ujarnya.

Dari total pelamar yang mendaftar yaitu 5.401 peserta terdapat 327 peserta yang tidak hadir tanpa keterangan. Setelah melaksanakan tes selama kurang lebih tiga minggu lebih sebanyak 4.870 peserta gagal melalui tes.

Menurut pria yang pernah mengepalai Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) ini untuk materi soal sudah sesuai dengan dunia pendidikan. Semua materi mulai dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) memang harus dimiliki sebagai seorang aparatur sipil negara.

“Semua sudah sesuai dan memang itu yang harus dikuasai,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi ASN (UPT) BKN Kepri Andri Febrian mengatakan selanjutnya peserta yang lolos akan mengikuti SKB tanggal 22-28 November mendatang. “Jika tak ada perubahan, namun pastinya kami masih menunggu arahan juga,” sebutnya.

Untuk SKB sendiri, Andri menjelaskan peserta harus menguasai bidang yang dipilih sebelumnya. “Kuasai materi bidang masing- masing. Masih ada beberapa hari untuk persiapan. Peserta rajin buka website juga mana tahu ada perubahan informasi,” lanjutnya. (yui)

Update