Kamis, 18 April 2024

Forum TSP Buat Destinasi Lebih Nyaman

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam Ardiwinata mendukung penuh program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSP) Kota Batam. Di mana program TSP menurutnya sangat mendukung kenyamanan dalam destinasi wisata alam yang ada di Batam.

“Kita sangat mendukung TSP, di mana memang masih banyak destinasi yang belum tertata dengan baik. Kita yakin dengan kehadiran TSP, destinasi wisata akan lebih ramah dan nyaman,” katanya Selasa (13/11).

Ardiwinata mengatakan, dalam pembangunan pariwisata, selain pemerintah, diharapkan kehadiran pengusaha dan seleuruh elemen masyarakat. Dari pengusaha mungkin bisa lebih ke penyediaan fasilitas atau atraksi dalam sebuah destinasi wisata.

Ia menjelaskan, untuk mengembangkan pariwasata maka ada tiga hal yang harus dilakukan yang aksesibilitas, atraksi dan amenitas. “Pak Walikota sudah memprogramkan pembangunan infrastruktur jalan yang sangat bagus. Inilah faktor utama untuk pariwisata,’ katanya.

Kemudian yang tidak kalah penting adalah pembenahan fasilitas pendukung baik menuju destinasi wisata dan di objek wisata itu sendiri. “Misalnya dengan transportasi yang nyaman, kamar mandi yang bersih dan sebagainya. Dalam hal inilah pengusaha sangat dibutuhkan,’ katanya.

Terkait rest area yang akan dibangun dan penataan Jembatan Barelang, menurut Ardi, hal tersebut akan membuat pengunjung lebih betah berlama-lama di Batam. Ia berharap turis yang datang ke Batam ketika kembali ke daerahnya akan rindu dan ingin kembali ke Batam.

“Selama ini kalau ke Pulau Abang atau ke pantai di Galang, banyak wisatawan yang kesulitan untuk mencari kamar mandi atau tempat ibadah. rest area ini memang sangat membantu,” katanya.

Sebelumnya, Forum Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TSP) yang dipimpin oleh Johanes Kennedy akan membangun dua tempat peristrahatan atau rest area sepanjang jembatan satu sampai jembatan enam. Ini ditujukan untuk memanjakan para turis ke daerah galang yang sering kewalahan untuk mencari kamar mandi atau tempat bersantai sebelum sampai ke tempat tujuan.

Selain kamar mandi, nanti rest area ini akan dilengkapi dengan musolah, tempat makan, tempat bermain anak, dan parkir. Ini semua perlu dilakukan untuk membuat turis aman dan nyaman selama di Batam. (ian)

Update