Selasa, 23 April 2024

Gardu Induk PLN Tersambar Petir

Berita Terkait

Neraca Perdagangan RI Surplus

Lampumerah di Simpang Jam ikut padam.
F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Suplai sliran listrik di sejumlah daerah di Batam padam, Minggu (18/11/2018) pagi. Padamnya listrik akibat gardu induk PT Bright PLN Batam tersambar petir.

Agus warga Bengkong mengaku listrik di rumahnya padam selama tiga jam mulai pukul 06.30 WIB hingga 09.00 WIB WIB. Padamnya listrik cukup mengganggu aktivitas rumah tangganya, apalagi di hari libur.

”Biasanya minggu beres-beres, listrik padam semua pekerjaan jadi tertunda. Namun untungnya padam tak terlalu lama,” tuturnya.

Hal yang sama juga dirasakan sejumlah warga Batam Center, Tanjungpiayu, Tanjunguncang, dan Batuaji. Rata-rata listrik padam antara dua sampai tiga jam.

Humas PT Bright PLN Batam, Yoga Perdana Sulastama mengatakan, padamnya listrik ke sejumlah rumah pelanggan di Batam karena cuaca. Hujan disertai petir menyambar salah satu gardu induk antara kawasan Seiharapan dan Baloi pagi kemarin.

”Tak semua daerah yang terkena dampak. Namun kalau dirata-ratakan sebagian besar listrik padam,” ujar Yoga, kemarin.

Menurut dia, sambaran petir di gardu induk membuat jaringan frekuensi di gardu lainnya terganggu. Sehingga menyebabkan padamnya listrik hampir di seluruh daerah Batam.

”Efek dari sambaran petir itu gangguan frekuensi yang menyebabkan listik padam,” imbuh Yoga.

Dikatakan Yoga, beberapa gardu di Tanjungkasam juga terkena sambaran petir. Pihaknya pun mengupakayakan agar tak adanya pemadaman ke rumah-rumah pelanggan.

”Tanjungkasam saat ini lagi off, butuh perbaikan selama 8 jam. Mudah-mudahan daya cukup jadi tak ada pemadaman,” pungkas Yoga. (she)

Update