Sabtu, 20 April 2024

Berhaji dengan Naik Sepeda

Berita Terkait

foto: batampos.co.id / dalil harahap

batampos.co.id – Adalah Ali Dzulfiqar dan Abdul Karim Masopa. Ayah – anak ini  menempuh perjalanan untuk ibadah haji tahun ini dengan mengayuh sepeda dari kota Pontianak, Kalimantan Barat, menuju Mekah, Arab Saudi.

Perjalanan ayah berusia 53 tahun dan putranya berusia 21 tahun inidi mulai pada 20 November 2018, lalu.

Mereka memperkirakan akan tiba di Mekah 7 bulan mendatang setelah mengarungi 9 negara.

Persiapannya sendiri butuh waktu setengah tahun untuk melengkapi rekomendasi perjalanan dari KONI Kota Pontianak, Polda Kalbar, Mabes Polri dan Kementerian Olahraga RI.

Ali Dzulfiqar dan putranya Abdul Karim yang berasal dari Jawa Barat ini mendapat dukungan dari perkumpulan masyarakat Sunda di Pontianak, termasuk warga sekitar di tempat tinggal mereka.

Muhammad Akib, mantan Sekda Kota Pontianak, selaku sesepuh masyarakat Sunda di Pontianak melepas keberangkatan mereka. Pelepasan tersebut dilakukan di Warung Bubur Ayam Maharasa.

“Alhamdulillah, merupakan suatu kebanggaan karena menjadi orang pertama dari Pontianak yang pergi haji dengan sepeda,” ujar Ali Dzulfiqar.

Perjalanan keduanya melalui Singapura, Malaysia, Thailand, Myanmar, India, Pakistan, Uni Emirat Arab, dan Saudi Arabia.

Keduanya berencana pulang dengan menggunakan pesawat terbang setelah menjalani ibadah haji.

Rabu, (21/11/2018) keduanya mampir ke Graha Pena Batam.

Keduanya menerima sumbangan dari Anda. Silakan mengirim ke rekening BRI Norek 3472-01-031385-53-6 A/N. Ali Dzufiqar (ali)

Update