Kamis, 25 April 2024

Pesan Lingga untuk Kejayaan Kelapa

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Koalisi Kabupaten Penghasil Produk Kelapa (Kopek) berlangsung di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri). Acara dihadiri delapan bupati anggota Kopek dan menghasilkan lima pesan utama yang disebut Pesan Lingga.

Ketua Kopek Nelson Pomalingo mengatakan, kelima pesan tersebut berkaitan dengan upaya Kopek mengembalikan kejayaan kelapa di Indonesia. Poin yang dihasilkan merupakan solusi atas berbagai persoalan yang dihadapi daerah-daerah penghasil kelapa.

Kelima pesan tersebut adalah

  1. mendorong dengan segera pembenahan tata niaga kelapa nasional;
  2. membenahi sektor hulu dengan target luas kebun kelapa dengan luas lima juta hektare;
  3. mengembangkan industri kelapa dengan model kerja sama nasional;
  4. memiliki otoritas kelapa Indonesia yang mengurus hulu dan hilir kelapa;
  5. mendirikan akademi kelapa di beberapa kawasan penghasil kelapa.

Pesan ini akan disampaikan kepada pemerintah di tingkat pusat. Tim juga akan menggalang dukungan dari kementerian terkait guna mewujudkan pesan Lingga.

“Ini (pesan Lingga) yang kami butuhkan untuk mengembalikan kejayaan kelapa. Kami rumuskan dari persoalan yang memang dirasakan langsung pelaku usaha kelapa,” kata Nelson di sela Rakernas, Rabu (21/11).

Sementara itu, Bupati Lingga Alias Wello berharap apa yang telah dirumuskan hendaknya menjadi pertimbangan bagi pemerintah pusat. Karena pengembangan industri kelapa sama dengan menghadirkan pertumbuhan ekonomi untuk masyarakat.

Dengan pembaharuan melalui pesan Lingga, juga akan menghadirkan nilai tambah dari produk turunan kelapa yang dihasilkan. Apa yang diupayakan Kopek adalah hal yang memang semestinya dilakukan. Pasalnya, tantangan yang dihadapi sudah berat. Mulai dari usia kelapa yang sudah membutuhkan revitalisasi, kondisi industri yang belum bisa mengakomodir pengembangan produk-produk turunan kelapa, dan tantangan lainnya.

(bbi/JPC)

Update