Presiden Direktur ATB Ir Benny Andrianto Antonius MM (kanan) menerima penghargaan Platinum diajang SNI Award 2018 di Jakarta Rabu (21/11). ATB satu-satunya perusahaan lokal yang mampu bersaing bersama perusahaan nasional berbasis BUMN.

ATB Batam berhasil mengukir prestasi tertinggi di bidang Standarisasi Nasional Indonesia (SNI). Tak tanggung-tanggung raihan “Platinum” SNI Award 2018 dipersembahkan bagi pelanggan ATB dan Kota Batam secara keseluruhan.

Presiden Direktur ATB Ir Benny Andrianto Antonius MM menerima langsung penghargaan Platinum SNI Award 2018, dari Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Hotel Intercontinental, Jakarta, Rabu (21/11) malam.

Loading...

“Ini kebanggaan untuk kita bersama, sebagai satu-satunya perusahaan lokal kita (ATB-red) mampu menunjukkan prestasi terbaik dengan meraih platinum SNI Award 2018, dan ATB mampu bersaing dengan perusahaan nasional berbasis BUMN,” tutur Benny Andrianto

Keberhasilan ATB meraih penghargaan platinum SNI Award 2018 dengan kategori Organisasi Besar Barang Sektor Pangan, Pertanian dan Kesehatan, tidak membuat ATB berpuas diri.

Melainkan membuat perusahaan air terbaik di Indonesia ini terus memperbaiki diri dan berusaha untuk menyamakan statusnya dengan perusahaan raksasa maupun global.

“Terima kasih kepada Tuhan, seluruh karyawan, semua pihak hingga pelanggan setia ATB atas pencapaian ini,” ucap peraih TOP CEO BUMD 2017 & 2018 ini.

Capaian dengan menghasilkan prestasi terbaik yang diperoleh ATB ini, bukan didapat dengan mudah. SNI Award difokuskan pada organisasi atau perusahaan yang unggul dalam kinerja manajemen dan aspek pelayanan terbaik. ATB berhasil memenuhi semua kriteria penilaian dengan kerja keras serta kerja cerdas berkomitmen tinggi. ATB mampu bersaing dengan puluhan perusahaan besar nasional seperti Pertamina Lubricants, Aneka Tambang (Antam) termasuk Pupuk Sriwijaya (Pusri).

“Terima kasih Indonesia dan terima kasih warga Batam, sudah sewajarnya ATB tak terganti,” ujarnya

Hal senada disampaikan oleh Head of Corporate Secretary ATB Maria Jacobus, menurutnya prestasi yang diraih ATB merupakan sebuah prestasi yang baik serta kebanggaan tersendiri bagi ATB. Meski secara kontrak ATB akan berakhir pada 2020, namun semangat memberikan pelayanan prima tetap jadi prioritas.

“Ini keberhasilan bersama meski secara konsesi ATB mau berakhir namun ATB tidak tinggal diam. ATB terus meningkatkan manajemen operasional dan kinerja yang baik. Hal itu dibuktikan ATB salah satunya dengan meraih penghargaan tertinggi platinum di SNI Award tahun ini,” jelas Maria.

Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya mengatakan, Pemberian penghargaan SNI Award 2018 ke-14 yang diberikan kepada 56 organisasi dan perusahaan. Setiap tahunnya organisasi yang mendaftar SNI Award mengalami perubahan.

“Pada tahun ini, sebanyak 208 organisasi/perusahaan yang mendaftar. Dari jumlah tersebut lolos sampai tahap onsite atau kunjungan lapangan sebanyak 71 organisasi/perusahaan. Pada tahap berikutnya, penilaian oleh dewan juri, ditetapkan 56 organisasi/perusahaan sebagai penerima,” jelas Bambang Prasetya saat malam Penganugerahan SNI Award 2018

Begitu juga dalam proses penilaian SNI Award yang dilakukan secara ketat oleh tim juri. Tim juri yang diketuai pakar ekonomi Rhenald Khasali dengan beranggotakan 19 orang yang ahli di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian. ATB sebagai satu-satunya perusahaan lokal yang berhasil meraih penghargaan sangat mencuri perhatian Rhenald, bahkan Rhenald berencana akan menyambangi ATB dalam waktu dekat.

Penerima SNI Award tahun 2018 terbagi menjadi 12 kategori, berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya mempunyai 10 kategori.

“Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas komitmen yang tinggi dalam menerapkan SNI secara konsisten dan berkelanjutan, berkinerja baik dan mampu menginternalisasi aspek sosial ekonomi dan lingkungan dalam organisasinya,” ucap Bambang.

Diharapkan SNI Award dapat menjadi acuan organisasi untuk meningkatkan kinerja organisasi, karena SNI Award menilai berbagai aspek yang dapat mendorong kemajuan organisasi dalam mewujudkan kinerja yang lebih baik, termasuk manajemen dan kepemimpinan, fokus pada pelanggan, pengembangan sumberdaya, pengelolaan/realisasi produk, dan hasil bisnis.

Hal tersebut sejalan dengan nilai-nilai inti perusahaan (core values ATB) Kerja Keras, Handal, Menghargai, Peduli dan Jujur yang menjadikan ATB Tak Terganti. (*)

 

Loading...