foto: batampos.co.id / galih

batampos.co.id – Memperingati Hari Juang Kartika 2018, Kodim 0316 Batam menggelar beberapa kegiatan diantaranya bakti sosial donor darah, Sabtu (24/11) pagi.

Pada kegiatan tersebut, Kodim Batam menggandeng Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sumatera Utara (IKA USU).

Tak hanya donor darah saja yang digelar Kodim Batam. Sejumlah kegiatan lainnya seperti seminar tentang bahayanya kanker payudara dan ciri-cirinya, kanker serviks, serta menoak hoaks tentang air susu ibu (ASI) juga digelar. Sebagai pembicaranya tiga dokter spesialis yang langsung memberikan materi pemaparannya di hadapan ratusan peserta yang hadir seperti dr Indra Hidayah Siregar SpB (K-Onk), dr Amuransyah SpOG, dan dr Ika Firuza MKT.

“Ini kami gelar juga seminar menoak hoaks tentang ASI, karena masih banyak di kalangan ibu-ibu yang percaya atau termakan kabar hoaks tentang ASI. Mereka lebih memilih memberikan asupan berupa susu formula dibandingkan memberikan asupan berupa ASI dari ibunya langsung. Padahal anak itu harusnya dari lahir sudah harus diberikan asupan ASI untuk tumbuh kembangnya,” ujar Pasiter Kodim 0316 Batam, Kapten infanteri HP Bangun.

Pada Hari Juang Kartika kemarin juga digelar pemeriksaan IVA gratis untuk masyarakat umum.

“Kegiatan peringatan Hari Juang Kartika ini sengaja kami gelar di kawasan publik atau di Kepri Mall, agar masyarakat umum yang berkunjung, bisa menikmati fasilitas gratis yang kami berika. Boleh juga kalau ingin mendonorkan darahnya. Target kami adalah mendapatkan 100 kantong darah. Bersyukur target itu mampu kami raih,” terang Kapten HP Bangun mengakhiri.

Tak hanya memperingati Hari Juang Kartika saja. Beberapa kegiatan sosial yang digelar Kodim Batam kemarin sekaligus untuk memperingati Hari Kanker Sedunia serta Hari Kesehatan Nasional. (gas)

Yuk Baca