Jumat, 19 April 2024

Pecah Luar Biasa

Berita Terkait

foto: batampos.co.,id / cecep mulyana

batampos.co.id – Acara funwalk Batam Pos-BP Batam yang digelar Minggu (25/11) pagi berlangsung meriah. Ribuan peserta tumpah ruah meramaikan jalan santai sempena HUT ke-20 Batam Pos dan Hari Bakti ke-47 Badan Pengusahaan (BP) Batam tersebut.

Keseruan jalan santai ini sudah terjadi sebelum acara dimulai. Sebab sebelum jalan santai, para peserta diajak senam zumba bersama Jun Ko Agus, pelopor senam zumba Indonesia. Selain Agus, senam zuma juga diramaikan para Zumba Instructor Network (ZIN) dari Batam.

Ribuan peserta yang terdiri dari pria dan wanita, tua dan muda, larut dalam keceriaan senam zumba yang digelar di depan kantor Batam Pos di Graha Pena Batam. Cuaca yang sedikit mendung sama sekali tak mengurangi semangat dan antusiasme peserta untuk bersenam ria.

Sekitar pukul 08.00, Gubernur Kepri Nurdin Basirun naik ke panggung untuk membuka acara jalan santai.

Dalam sambutan singkatnya, Nurdin mengapresiasi antusiasme ribuan warga yang ikut dalam acara tersebut. Menurut Gubernur, meriahnya acara tersebut merupakan bukti kekompakan dan cinta warga Kepri kepada Batam Pos.

“Batam Pos sama-sama kita cintai. Hari ini ramai, ini bukti nyata kekompakan kita semua, mudah-mudahan membawa kebaikan untuk Batam dan Kepri,” ucap Nurdin sesaat sebelum melepas para peserta.

Selain Nurdin, Kepala Badan Pengusahaan Batam Lukita Dinarsyah Tuwo juga menyampaikan sambutannya. Senada dengan Gubernur, Lukita berharap seluruh elemen masyarakat di Batam dan Kepri bersatu dan menjaga kekompakan dalam menjalankan roda pembangunan.

“Kekompakan mari terus dibina, sebab ini penting,” tambahnya.

Sebelum menutup sambutannya, Lukita juga mengapresiasi pelaksanaan funwalk pagi kemarin yang berjalan lancar dan sangat meriah karena diikuti ribuan peserta. Ia berharap hal ini menjadi penyemangat Batam Pos untuk terus menjadi media yang terpercaya di Kepri.

“Maju terus Batam Pos, sukses, terus menjadi media terpercaya bagi masyarakat,” kata Lukita.

Usai menyampaikan sambutan, Lukita dan Gubernur Nurdin beranjak ke garis start di depan Graha Pena. Ditemani Wakil Komisaris Utama Batam Pos Marganas Nainggolan dan Direktur Utama Batam Pos Candra Ibrahim, mereka sama-sama melepas peserta funwalk.
Pantauan di lokasi, ribuan peserta memadati sepanjang Jalan Ahmad Yani, kemarin. Iring-iringan peserta funwalk ini mengular di sepanjang jalan itu.

Meskipun peserta paling depan sudah sampai di simpang Hotel Harmoni One, tetapi sebagian peserta yang lain masih berada di garis start. Mereka belum bisa bergerak karena padatnya peserta di barisan depan. Berdasarkan total penjualan tiket dan undangan khusus ke berbagai instansi pemerintah jumlah peserta lebih dari 10 ribu orang. Ini merupakan jumlah peserta jalan santai terbesar yang pernah ada di Kepri.

Acara semakin meriah karena dibarengi dengan parade peserta lomba fashion dengan busana kreasi dari koran bekas. Ada sekitar 160 peserta lomba fashion koran bekas yang ikut berjalan bersama peserta funwalk dari garis start sampai ke bundaran BP Batam.

Sementara peserta lomba fashion berhenti di bundaran BP Batam, ribuan peserta funwalk melanjutkan perjalanan menempuh rute sepanjang 3 kilometer. Dimulai di depan kantor Batam Pos, kemudian melewati bundaran BP Batam, menuju Hotel Harmoni One, lalu ke simpang My Mart. Dari My Mart peserta lanjut berjalan menuju Jalan Raja M Tahir dan belok kiri ke Jalan Gurindam depan kantor BPJS Kesehatan.

Sampai di belakang kantor Batam Pos, peserta singgah ke Graha Pena Batam untuk mengambil kembali snack yang disediakan panitia. Setelah itu berjalan lagi menuju garis finish sekaligus panggung utama di depan kantor BP Batam. Selain meriah, acara funwalk berjalan seru karena seluruh peserta mengenakan topi dari koran bekas hasil kreasi panitia.

Sesampai di depan kantor BP Batam, para peserta disuguhi penampilan fashion show busana koran. Di luar dugaan, para peserta menampilkan kreasi busana koran bekas yang sangat memukau. Mereka menampilkan kreasi busana dengan berbagai tema, mulai dari tema etnik hingga karnaval.

Penampilan para peserta fashion show ini mengundang perhatian peserta funwalk. Mereka ramai-ramai minta foto bersama. Tak hanya peserta funwalk, Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo juga tertarik dengan hasil kreasi busana koran bekas tersebut. Bahkan ia mengundang para peserta untuk tampil dalam event Batam Carnaval yang akan ditaja BP Batam pada 8 Desember mendatang.

“Tiga mingguan buatnya, pakaian yang ada jam gadang ini, kami dibantu teman dari teater Bumi Batam, Eko Si Unyil. Ikut karena mau juara lagi, HUT Batam Pos tahun lalu kami dapat juara,” kata Riri orang tua dari peserta Zoya Amanda.

Kesulitan membuat kostum terbayar oleh semangat mereka ikut memeriahkan HUT Batam Pos ke 20. “Buat kostumnya sulit, saya buat sendiri untuk anak saya Putri Maharani,” ucap sang ibu, Samsimah.

foto: batampos.co.id / cecep mulyana

Selain fashion show koran bekas, para peserta juga dihibur pertunjukan musik dan tari. Dan, yang paling ditunggu-tunggu adalah pengundian puluhan hadiah hiburan, tiga unit motor, dan hadiah utama satu unit mobil Suzuki Karimun.

Khusus hadiah utama ini, undian kupon dilakukan Wakil Komisaris Utama Batam Pos Marganas Nainggolan bersama Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo. Keduanya juga bersama-sama membacakan nomor undian peserta yang beruntung.

Dan, peserta yang beruntung itu adalah Bayu Panji S, warga Bengkong Jaya, Batam.

“Gemeteran, tidak menyangka hadiah ini jatuh ke saya. Benar-benar rezeki yang tidak disangka,” ujar Bayu usai menerima hadiah secara simbolis dari panitia.

Ditanya soal firasat, Bayu mengaku tidak mendapat pertanda apapun.

“Semalam mimpi dikejar anak kecil ini,” kata Bayu sambil menunjuk ke arah anaknya. Ia lantas tertawa lepas.

Sementara hadiah tiga unit motor Honda Beat Pop masing-masing dimenangkan oleh Diva Ayu Lestari, Sudirman, dan Irzan Iskandar.

Diva sempat panik karena tak bisa menunjukkan identitasnya.

“Saya masih pelajar, tak punya KTP. Kartu pelajarnya di rumah,” kata Diva setengah histeris.

Namun kegundahan remaja yang tinggal di Punggur, Batam ini berakhir dengan senyum bahagia karena akhirnya panitia menyatakan Diva berhak atas hadiahnya itu.

“Merasa seperti mimpi, bisa mendapatkan hadiah ini di antara ribuan peserta lainya,” kata siswi SMA Negeri 15 Batam.

Kegembiraan serupa juga disampaikan Sudirman, yang pagi itu mengajak serta kedua anaknya, Hafafah, 4, dan Husna, 3, mengaku sudah sering ikut acara jalan santai. Namun baru kali ini ia mendapat hadiah. “Bagi saya ini adalah rezeki anak-anak, karena ini kali pertama saya mengajak mereka acara jalan santai,” ujarnya.

Lain halnya dengan Irzan Iskandar, 44. Perantau asal Aceh ini mengaku sudah sering ikut acara serupa dan mendapatkan hadiah. Namun baru kali ini ia mendapat hadiah yang nilainya cukup besar, yakni satu unit sepeda motor.

“Biasanya dapat kipas angin atau dispenser,” katanya.

Setelah semua hadiah dibagikan, ribuan peserta funwalk membubarkan diri dengan tertib.

Ketua Panitia Funwalk dan Funbike Night Batam Pos Guntur Marchista Sunan menyampaikan apresiasi kepada seluruh warga Batam, BP Batam, Polda Kepri, Polresta Barelang, TNI, Dinas Perhubungan Kota Batam, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam, dan para sponsor atas dukungan yang luar biasa dalam penyelenggaraan funwalk dan funbike night Batam Pos selama dua hari berturut-turut.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya dari kami. Dan mohon maaf jika dalam penyelenggaraan acara ada hal-hal yang tidak berkenan. Semoga di tahun-tahun yang akan datang kami bisa membuat yang lebih baik dan lebih besar lagi,” katanya. (iza/cr1/cr2)

Update