Kamis, 25 April 2024

BP Batam Siapkan 10 Ribu Pohon Gaharu untuk Hijaukan Dam Tembesi

Berita Terkait

ilustrasi pohon gaharu

batampos.co.id – Badan Pengu-sahaan (BP) Batam akan menanam 10 ribu pohon gaharu di seluruh Batam mulai Rabu (28/11) besok. Tujuannya, menjadikan Batam sebagai kota yang hijau dan ramah lingkungan.

”Temanya adalah Go Green. Penanaman pohon ini akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama secara simbolis akan dimulai Rabu nanti di sekitar kantor BP Batam dulu,” kata Direktur Promosi dan Humas BP Batam Budi Santoso di Media Centre BP Batam, Senin (26/11/2018).

BP Batam memilih pohon gaharu karena pohon jenis ini mampu menyimpan air. Sehingga, sangat cocok untuk menjaga ketersediaan air baku di Batam. Apalagi jika diletakkan di sekitar daerah tangkapan air (DTA) atau dam. Untuk bibitnya, BP mendatangkannya dari Jawa.

”Selain itu, gaharu juga punya nilai ekonomis yang tinggi dan juga bisa digunakan sebagai bahan obat-obatan,” ungkapnya.

Penanaman 10 ribu pohon ini merupakan proyek jangka panjang dari 2018 hingga 2023. Prioritas utama untuk tahap pertama adalah di sekitar daerah tangkapan air (DTA) Waduk Tembesi.

”Kalau Dam Duriangkang sudah banyak proyek kerja samanya dengan perusahaan lain untuk penghijauan. Sedangkan Dam Tembesi belum tersentuh sama sekali,” kata-nya.

Waduk Tembesi nanti akan menjadi salah satu waduk terpenting di Batam. Namun jika tidak ada penghijauan, maka usia penggunaannya tidak akan panjang.

”Di sana akan ada 15 hingga 20 hektare lahan disiapkan. Tiap satu hektare ada 750 pohon dengan jarak antar pohon sekitar empat meter,” kata Budi.(leo)

Update