Rabu, 24 April 2024

BBPLK Medan Monitoring Peserta Didik

Berita Terkait

WIJAYA SATRIA, Lingga
Dua Staf Balai Besar Pelatihan Kerja (BBPLK) Medan, Pendi dan Kris melakukan kunjungan pengawasan atau monitoring terhadap seluruh mantan anak didik mereka.
Kedatangan keduanya memastikan mereka dapat berdikari dengan bekal ilmu yang mereka dapat selama pelatihan.
Menurut Kabid Ketenaga-kerjaan Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian Kabupaten Lingga, Wahyudi Eka Putra, ada sejumlah anak didik jebolan BBPLK Medan yang telah mendapat pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dengan menggunakan ilmu yang didapat dari pelatihan tersebut.
“Salah satunya anak didik teknik semprot furniture jebolan BBPLK Medan, saat ini telah menerapkan ilmu yang didapatnya dengan bekerja sebagai tenaga ahli semprot di Dabo Singkep,” ujar Wahyudi, Selasa (27/11).
Selain itu, masih banyak lagi anak jebolan BBPLK Medan yang telah mampu meningkatkan taraf hidup mereka dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan yang mereka dapat sesuai dengan jurusan yang mereka pilih.
Selain melakukan monitoring, kunjungan kedua staf juga untuk melakukan kerja sama kembali dalam hal pelatihan sejumlah bidang ilmu yang ditawarkan pada tahun depan. Pada 2019 BBPLK Medan membuka seratus paket pelatihan untuk dua bidang ilmu yakni kontruksi dan pariwisata.
“Artinya tahun depan BBPLK Medan membuka pelatihan untuk 1.600 orang. Dan kami­ dari Lingga akan ambil bagian dengan mengirim peserta,” katanya.
Wahyudi memastikan kalau Bupati Lingga Alias Wello telah memberikan perintah kepada dirinya untuk ikut serta mengirim peserta pelatihan ke BBPLK Medan sehingga program ini dapat membantu dalam mencetak kualitas SDM khususnya putra daerah agar dapat bersaing dengan SDM luar daerah Kabupaten Lingga.
Selain BBPLK Medan, Wah-yudi menambahkan, bidang ketenagakerjaan juga telah merangkul BBPLK lain seperti BBPLK Semarang,
BPLK Bekasi dan BBPLK Bandung dengan program dan bidang ilmu pelatihan yang berbeda-beda sehingga dapat mencetak banyak SDM berkualitas dengan disiplin ilmu yang berbeda pula.(wsa)

Update