Kamis, 25 April 2024

Target Verifikasi Peserta CPNS Rampung Bulan Ini

Berita Terkait

Sejumlah Peserta ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melihat hasil ujian usai mengikuti tes Computer Assisted Test (CAT) di Gedung Bersama Pemko Batam, Sabtu (3/11). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Sejumlah instansi mulai kemarin (28/11) telah mengumumkan nama-nama pelamar CPNS yang melaju ke fase seleksi kompetensi bidang (SKB). Seluruhnya masih instansi pemerintah pusat.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan mengatakan, sebelum fase SKB diumumkan, harus melalui empat tahap verifikasi dan validasi (verval).

Pada tahap IV dan III verval dilakukan pejabat pratama BKN. Kemudian pada verval tahap II dipegang lang-sung deputi (eselon I) di BKN. Dan terakhir pada tahap I merupakan persetujuan atau approve dari Kepala BKN Bima Haria Wibisana. ”Zero mistake.

Inilah tujuan utama verval sampai empat tahap itu,” katanya, kemarin. Jika sudah mendapatkan approve dari kepala BKN, berarti nama-nama peserta SKB sudah bisa diumumkan oleh instansi masing-masing.

Data sampai tadi malam pukul 18.50 WIB, ada 372 unit instansi yang diproses pada verval tahap IV. Selanjutnya, ada 65 instansi selesai di level III, lalu ada 9 instansi di level II, dan ada 71 instansi di level I. Proses ini terus berlangsung dan datanya bergerak dinamis.

BKN juga menyebutkan instansi pusat yang sudah mengeluarkan pengumuman fase SKB.

Di antaranya, Kementerian Hukum dan HAM, Kemendag, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), dan Kemenpora. Kemudian Komnas HAM, PPATK, BKPM, dan BNPB. Lalu ada Setjen MPR, Setjen DPR, dan Arsip Nasional (Anri).

Lebih lanjut Ridwan me-nyam­pai­kan proses verval ma­sih ber­langsung dan diperkira­kan ak­an rampung seluruhnya pa­da akhir November. Semen­ta­r­a ­target pelaksanaan SKB awal Desember. ”Jadi, BKN optimistis proses verval rampu­ng bulan November ini,” jelasny­a.

Kepada pelamar yang namanya lolos  ke fase SKB, diharapkan untuk mempersiapkan diri. Membaca dengan seksama ketentuan pelaksanaan SKB yang diatur instansi masing-masing. Ridwan menegaskan bahwa soal SKB bukan dibuat oleh BKN. Tetapi oleh instansi terkait. Mislanya soal SKB  formasi guru dibuat oleh Kemendikbud. Lalu soal SKB tenaga kesehatan dibuat oleh Kemenkes.

Ridan juga mengatakan soal SKB sesuai bidang pekerjaan. Bagi Pemda, pelaksanaan  SKB wajib pakai ujian tulis berbasis cara assisted test (CAT) BKN. Jumlah soalnya 100 buah dan waktu pengerjaannya 90 me­nit.

”(Durasinya, red) Sama se­perti SKD,” tutur dia. Sedang­ka­­n SKB untuk instansi pusat bentuknya beragam.(wan/agm)

Update