Kamis, 25 April 2024

Insentif Guru Madrasah Belum Jelas

Berita Terkait

batampos.co.id – Wali Kota Batam Muhammad Rudi menegaskan bahwa perhatian Pemko Batam terhadap semua guru tetap mejadi prioritas di 2019 mendatang. Selain insentif guru swasta, Pemko Batam juga menaikkan gaji guru honorer menjadi Rp 2,9 juta. Ini bertolak belakang dengan guru madrasah yang ada di Batam. Dimana insentif untuk mereka belum jelas.

“Guru-guru tak usah khawatir. Semua tetap saya perhatikan,” kata Rudi usai membuka acara HUT ke-73 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Dataran Engku Puteri, Sabtu (1/12).

Ia berharap kenaikan gaji ini bisa menjadi semangat baru bagi dua ribuan guru honorer yang ada di lingkungan Pemko Batam.

“Keberadaan guru ini penting dalam melahirkan siswa-siswa yang berprestasi ke depannya. Saya ingin Batam dikenal dengan pendidikannya,” harapnya.

Mengenai insentif guru swasta, Rudi menyebutkan masih dalam tahap penyelesai­an. Semua yang sudah terdaftar dan terverifikasi akan segera menerima haknya dari Pemko Batam. “Semua tetap prioritas,” tegas mantan anggota DPRD Batam ini.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Batam, Erizal Abdullah mengatakan hingga saat ini ratusan guru madrasah belum menerima insentif dari Pemko Batam. Menurutnya, Wali Kota Batam menyam-paikan secara pribadi akan menggelar pertemuan dengan guru madrasah untuk membahas insentif ini.

“Tahun ini belum ada yang terima insentif dari Pemko. Kami berharap di hari guru ini, kesejahteraan guru madrasah juga diperhatikan,” katanya.

Dalam pertemuan nanti, wali kota akan menjelaskan insentif yang akan mereka terima di tahun depan, sekaligus menjelaskan insentif tahun ini yang masih dalam proses pencairan.

“Saya berharap segera, tapi itu kebijakan ada di Pemko Batam. Kami hanya menunggu dan menerima saja,” terangnya.

Ketua PGRI Batam Rustam Efendi mendukung kebijakan Wali Kota Batam tetap memprioritaskan kepentingan guru yang ada di Batam, terutama mereka yang masih honorer.

“Peran honorer itu sangat besar bagi mendukung proses belajar mengajar di sekolah. Untuk itu kami sa-ngat mendukung kenaikan gaji mereka,” ungkapnya.
Ke depan pihaknya berharap, guru bisa menghadirkan mutu pendidikan yang lebih baik. Dan menghasilkan inovasi untuk menunjang sektor pendidikan.

“Guru harus upgrade ilmunya, karena dunia pendidikan terus berkembang,” imbuhnya. (yui)

Update