Jumat, 19 April 2024

Pasokan Solar di Batam Belum Stabil

Berita Terkait

Usut Korupsi Insentif Pajak di Sidoarjo

Ratusan Tewas akibat Banjir Afghanistan-Pakistan

Warga Antre Beli Gas Melon

Pengelola SPBU Tanjunguncang, Batuaji, memasang plang “BBM Bio Solar dalam Pengiriman”, Rabu (7/11) lalu. (Dalil Harahap/Batam Pos)

batampos.co.id – Pasokan solar masih tersendat di wilayah Batuaji dan Sagulung. Masyarakat harus berjuang keras untuk dapat pasokan solar sebab SPBU yang melayani pembelian solar terbatas.

Pantauan di lapangan, meskipun sudah lebih baik dari pekan-pekan sebelumnya, masyarakat tetap saja kewalahan. Untuk dapat solar pembeli harus ikut antre panjang sebab, belum semua SPBU mendapat pasokan solar dalam waktu yang bersamaan. Dalam sehari paling satu atau dua SPBU yang memiliki pasokan solar sehingga tetap tak bertahan ama.

Masyarakat yang tidak kebagian solar harus mengatur jadwal ulang pada hari berikutnya dengan terlebih dahulu mencari tahu informasi SPBU mana yang memiliki stok solar keesokan harinya.

“Masih (langka) sampai sekarang. Kalaupun ada ya haru sabar antre. Itupun kadang tak kebagian karena belum sampai giliran ternyata solar sudah habisa duluan,” tutur Mulyadi, warga perumahan Taman Lestari, Batuaji, Minggu (2/12/2018).

Situasi ini diakui Mulyadi sedikit lebih baik dari pekan-pekan sebelumnya karena ketersediaan solar di SPBU lebih lama dibandingkan pekan-pekan sebelumnya.

“Susah agak mendingkan dibandingkan minggu lalu. Minggu ini meskipum belum merata (ketersediaan solar) tapi bisa sampai siang. Kalau minggu sebelumnya pukul 09.00 WIB sudah tak ada sama sekali. Semua SPBU itu,” katanya.

Sepanjang akhir pekan kemarin, situasi di lapangan memang seperti itu. Banyak SPBU yang tidak menjual solar karena stok habis. SPBU yang ada stokpun tak bisa buka sampai sore sebab siang hari sudah habis.

SPBU Genta III misalkan, pagi kemarin melayani pembelian solar namun siangnya sudah habis. Sementara SPBU Tanjunguncang sama sekali tak ada stok solar.

Petugas SPBU saat dikonfirmasi mengaku solar dalam pengiriman dan pasokan sebelumnya sudah habis. “Biasa bang kalau Sabtu dan Minggu agak susah. Paling nanti malam diantar. Besok pagi sudah ada,” ujar Budi petugas SPBU, Tanjunguncang. (eja)

Update