Kamis, 25 April 2024

KPU Batam Cek Surat Suara

Berita Terkait

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam mengecek ukuran dan desain surat suara untuk pemilihan umum 17 April mendatang.

“Contoh surat suaranya sudah tiba di Batam. Surat suaranya ada lima, yakni untuk DPRD, DPRd Provinsi dan Kota, DPR RI dan Capres,” ujar Komisioner Bidang Teknis KPU Batam, Zaki Setiawan, Minggu (2/12).

Contoh surat suara itu memiliki ukuran yang berbeda, mulai dari surat suara untuk pemilihan Presiden, DPD, DPRD Kota dan Provinsi, serta DPR RI.

“Surat sedang dicek finalisasi nama caleg dan beberapa kekurangan lainnya,” katanya.

Dia mengatakan masih ada beberapa kesalahan penamaan gelar yang terjadi di Daftar Calon Tetap (DCT) untuk DPRD Kota Batam.

Komisioner Bidang Teknik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Zaki Setiawan

“Ada beberapa kesalahan gelar. Tapi cuma standar penulisan gelar saja,” sebut Zaki.

Untuk desain surat suara DPRD Kota, kop surat suara akan bertuliskan Surat Suara Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Batam Tahun 2019. Di bawahnya, bertuliskan dapil setiap calon. Latar belakang kop surat akan berwarna merah-putih. Di bawahnya lagi, akan ada 16 kotak yang masing-masing diisi partai dan nama calon. Paling bawah, akan ada logo maskot pemilu.

Sementara untuk warna, KPU Batam masih menunggu Peraturan KPU tentang surat suara diterbitkan.

“Tidak ada foto di specimen surat suara DPRD Kota. Hanya nama dan partai serta nomor urut saja,” kata Zaki.

Disamping itu, KPU Batam juga masih menunggu validasi surat suara oleh KPU pusat di Jakarta. Validasi ini dilakukan untuk setiap kabupaten dan kota pemilihan, untuk mengoreksi nama DCT yang akan masuk ke surat suara.

“Kita masih menunggu validasi yang diikuti ratuan kabupaten/kota di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Ia menambahkan surat suara akan dikirim ke Batam awal tahun. Sebelumnya, losgistik berupa kota suara, bilik suara, tinta dan segel sudah tiba di gudang logistik KPU yang ada di Sekupang. (une)

Update