Selasa, 16 April 2024

Belum Ada Tanda Kebangkitan Shipyard, Kata Kadisnaker Pemko Batam

Berita Terkait

foto: batampos.co.id / cr1

batampos.co.id – Setiap hari lokasi Multi Purphose Hall (MPH) Batamindo selalu dipadati pencari kerja (pencaker). Ada yang baru datang ke Batam hingga ada yang berbulan-bulan menganggur. Pantauan Batam Pos, ratusan pencaker terlihat hendak melamar, mereka terlihat lesehan menunggu lowongan pekerjaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam Rudi Syakiakirty mengatakan perusahaan-perusahaan di kawasan Batamindo rutin merekrut karyawan. Industri manufaktur menjadi perusahaan yang masih tinggi membuka lowongan. Sementara industri Migas dan Oil juga demikian, namun untuk indsutri ini dibutuhkan kualifikasi dan pengalaman kerja, sehingga hanya pekerja tertentu saja yang bisa melamar.

Untuk nama perusahaan yang rutin membuka lowongan pekerjaan Rudi mengaku tidak memiliki data yang lengkap.

“Kalau Shipyard masih sepi. Belum ada tanda-tanda untuk bangkit,” ujar Rudi.

Sebelumnya Kepala Bidang Penempatan dan Informasi Kerja, Disnaker Batam, Syafrialdi mengatakan ketersedian lowongan kerja saat ini mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, meskipun jumlahnya tidak terlalu signifikan.

“Ada peningkatan walau tak banyak. Ini sangat berdampak bagi pencaker yang setiap hari berusaha mencari pekerjaan,” tuturnya

Sementara berdasarkan data dari Batamindo, mencatat ada 4.450 pekerja yang diserap sejumlah perusahaan di Batamindo Mukakuning selama Januari hingga October 2018. Tercatat penerimaan terbanyak terjadi pada bulan Mei. Yakni ada 962 karyawan yang diterima. Penerimaan terbanyak juga terjadi pada bulan Juli, yakni sekitar 758 orang. Sementara yang paling sedikit adalah dibulan October yakni hanya 92 orang. (une)

Update