Kamis, 25 April 2024

Tiket Feri Mudik Natal Ludes

Berita Terkait

Warga membeli tiket di konter iket Pelabuhan Sekupang.
F Dalil harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Berbagai persiapan jelang persiapan arus mudik natal dan tahun baru mulai dilakukan di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS). Salah satunya fasilitas ruang tunggu yang nyaman selama penumpang menunggu jadwal keberangkatan.

“Semua sudah siap. Tinggal nunggu pemudik yang akan berangkat saja lagi nanti,” kata Kepala Satuan Kerja (Kasatker) PDS Sekupang, Suherman, Senin (3/12).

Ia menjelaskan pelayaran tujuan Dumai menjadi destinasi paling ramai pelayarannya. Karena setelah itu mereka akan melanjutkan perjalanan darat menuju Medan.

“Armada sudah oke. Tiket aman dan yang paling penting itu alat keselamatan juga dalam kondisi bagus dan mencukupi sesuai jumlah penumpang,” sebutnya.

Pihaknya juga telah mengatur jadwal petugas yang akan bertugas selama arus mudik natal nanti. Sama halnya dengan mudik lebaran. Petugas akan menyiapkan lalulitas di pelabuhan agar tidak terjadi kemacetan.

“Keberangkatan paling crowded itu pagi. Makanya nanti petugas subuh udah ada yang standby,” sebut Herman.

Selain itu, nanti pelabuhan juga akan mendapat bantuan dari pihak kepolisian untuk mengamankan arus mudik natal. “Biasanya ada anggota yang disiagakan,” imbuhnya.

Kepala Bidang Kapal, DPC INSA Batam, Asmadi menambahkan persiapan armada untuk arus mudik sudah selesai. Pihaknya tinggal menunggu jadwal rapat bersama seluruh stakeholder untuk keamanan pelayaran.

“Tiket sudah boleh dipesan. Saat ini penjualan sudah ada. Paling ramai itu keberangkatan 20 hingga dua hari sebelum natal,” ujar Asmadi.

Dia berharap arus mudik bisa berjalan dengan baik. Belakangan ini cuaca juga sering terjadi gelombang, namum masih aman untuk pelayaran.

“Biasanya syahbandar yang kasih tahu soal izin berlayarnya. Kalau kurang bagus cuaca bisa ditunda. Tapi sejauh ini masih aman,” tutupnya.

Sementara itu, Manager Operasional PT Pelni Batam, Dicky Dermawandi mengatakan dua minggu jelang mudik natal, tiket tujuan Belawan ludes terjual.

“Untuk yang tanggal 21 dan 23 Desember sudah habis,” sebutnya.

Ia menambahkan untuk persiapan mudik, pihaknya sudah siap. Pelabuhan tempat KM Kelud bersandar yakni Pelabuhan Batuampar juga telah disiapkan untuk calon penumpang nantinya. “Tinggal nunggu undangan rapat dari KSOP saja lagi,” tutupnya.(yui)

Update